Jumat, 21 Januari 2011

Vicon Sosial

Kemarin berlangsung acara video conference yang diseleggarakan Deputi Bidang Statistik Sosial yang diikuti seluruh BPS Provinsi di Indonesia. Acara yang berlangsung pada hari Kamis, tanggal 20 Januari 2011 lalu membahas persiapan pencacahan Potensi Desa (Podes 2011). BPS Provinsi Banten mengundang seluruh Kepala BPS Kabupaten/Kota untuk mengikuti jalannya acara tersebut, hadir juga seluruh Kepala Bidang serta Kepala Seksi di Bidang Statistik Sosial.

Beberapa saat sebelum acara di mulai, peralatan vicon di BPS Provinsi Banten sempat putus. Sekitar 15 menit kami menelusuri kenapa jaringan LAN bisa putus. Satu persatu hub diperiksa, mulai dari modem, hub IPDS dan hub sekretaris, dengan dicek satu persatu sinyal jaringan internetnya. Eh, ternyata hub di sekretaris kepala.... putus aliran listriknya gara-gara tersenggol. Ternyata memang masangnya yang kurang pas, tidak terlalu dalam. Alhamdulillah bisa jalan lagi.

Acara berlangsung tidak begitu lama, walaupun tanya jawab dari daerah bertubi-tubi. Podes 2011 merupakan pendataan potensi dari seluruh desa dan kelurahan di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Banten. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada bulan April 2011, yang melibatkan seluruh Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) ditambah dengan Mitra Statistik (rekrutment petugas pencacah Non BPS). Walaupun Podes hanya pencacahan di desa/kelurahan namun item/karakteristik potensi yang harus digali cukup banyak, sehingga perlu kejelian dari petugas. Untuk itu perlu pelatihan petugas pencacah dan pengawas yang diselenggarakan sekitar bulan Februari 2011.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar