Rabu, 12 Januari 2011

Pelangi Buatan Manusia

Beberapa bulan lalu di Serang, Banten dikejutkan dengan pelangi berbentuk cincin yang mengitari matahari. Peristiwa tersebut terjadi pada saat pengolahan SP2010-C1, dimana mitra pengolahan sedang melakukan validasi dokumen C1. Foto pelangi sempat diabadikan dengan menggunakan camera HP. Memang tidak bisa melihat secara langsung indahnya pelangi yang mengelilingi matahari, karena sorot sinar matahari yang silau. Nah bisakah pelangi dibuat ??

Pelangi ciptaan McKean tersebut bisa hadir selama sekitar 15 menit dalam satu waktu

VIVAnews - Secara teori, resep pembuatan pelangi sangat mudah. Cukup dengan langit cerah, sedikit sinar matahari dan air, pelangi bisa dibuat. Namun, ternyata menciptakan pelangi yang dapat dimunculkan secara berulang-ulang tidak gampang.

Setelah melakukan uji coba selama 8 tahun, Michael Jones McKean, seniman dan seorang profesor asal Virginia Commonwealth University berhasil menyempurnakan teknik penciptaan pelangi yang ia sebut “Rainbow Project” yang bisa dibuat di rumah.

Seperti dikutip dari Discovery, 12 Januari 2011, menggunakan pompa listrik, selang, dan penyemprot yang berasal dari peralatan irigasi, McKean menyemburkan air untuk menghadirkan hujan dan menghasilkan pelangi sesuai pesanan. Syaratnya cuaca harus cerah.

Di setiap ujung pelangi, McKean menempatkan tanki penyimpanan yang bertugas untuk mengumpulkan ‘air hujan’ tersebut yang dapat digunakan untuk menciptakan pelangi di lain waktu.

Pelangi ciptaan McKean tersebut bisa hadir selama sekitar 15 menit dalam satu waktu. Adapun panjang dan tinggi lengkungan pelangi bisa dibuat hingga mencapai sekitar 60 meter. Tergantung kondisi cuaca, pelangi ala manusia itu bisa dilihat dari jarak sekitar 300 meter.

“Pelangi merupakan fenomena yang sangat kita kenal namun jarang muncul,” kata McKean. “Dengan dimungkinkannya pembuatan pelangi, diharapkan pelangi ini bisa membangkitkan imajinasi pengunjung yang melihatnya dan menjadikan momen itu hadir setiap hari,” ucapnya.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar