Selasa, 07 Juni 2011

Jumlah Penduduk Indonesia Hasil Proyeksi Mundur (Back Casting) 2010 ke 2000

Beberapa minggu yang lalu ada yang merequest jumlah penduduk tahun 2000-2010 untuk wilayah Banten. Sebenarnya jumlah penduduk Indonesia ada di buku Statistik Indonesia, sedangkan jumlah penduduk Banten ada di buku Banten Dalam Angka, atau lebih lengkapnya di buku Data Sosial Ekonomi Masyarakat Banten. Untuk data jumlah penduduk tahun 2000 dan 2010 merupakan data hasil Sensus Penduduk, sedangkan tahun 2005, hasil estimasi berdasarkan Survei Penduduk Antar Sensus, dan data jumlah penduduk antara tahun 2001-2004 dan 2006-2009 merupakan estimasi berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Kebetulan kami mendapatkan buku Penduduk Indonesia (Hasil Olah Cepat SP2010) Menurut Provinsi, Kab/Kota dan Kecamatan di perpustakaan BPS Provinsi Banten, dan kami mencoba men-scan beberapa lembar saja untuk diposting, sesuai dengan request dari pengguna data. Untuk mendapatkan bukunya silakan datang saja ke perpustakaan BPS Provinsi Banten, namun tentu saja tidak bisa diminta, hanya bisa difotocopy, karena katanya bukunya terbatas dan hanya untuk perpustakaan, dan BPS Kab/Kota. Dalam buku tersebut juga menampilkan tabel-tabel jumlah penduduk laki-laki dan perempuan per kecamatan seluruh Indonesia.





























































Biasanya, setiap dilakukan sensus penduduk, BPS melakukan proyeksi mundur (back casting) untuk 10 tahun ke belakang, disamping proyeksi kedepan (forecasting). Hasil proyeksi mundur bisa saja berbeda dengan jumlah penduduk yang ada pada Banten Dalam Angka, namun perbedaan tersebut masih relatif kecil. Untuk Banten sendiri, jumlah penduduk Banten tahun 2009 berjumlah 9.782.779 orang (Banten Dalam Angka 2010), sedangkan menurut proyeksi mundur pada tahun 2009 berjumlah 10.383.949 orang.


































klik pada gambar tabel untuk mendapatkan gambar aslinya yang lebih besa
r

Semoga bermanfaat..............

Ada seorang teman merequest penduduk Toraja untuk tahun 2010-2012, namun kami baru bisa menampilkan penduduk Toraja untuk tahun 2010 saja, kebetulan ada pada Penduduk Indonesia menurut Provinsi/kabupaten dan Kecamatan hasil Sensus Penduduk Tahun 2010, tapi lumayan sebagai bahan referensi. Ini hasil scan buku yang kami peroleh .











































































Sekian................ moga bermanfaat

Artikel Terkait



2 komentar:

  1. lebih bermanfaat kalau bisa diprint
    diperbesar juga sangat terbatas, kabur

    BalasHapus
  2. nggak jelas, lebih baik di buat BPS yang baru, soalnya tugas kami dari sini.

    BalasHapus