Senin, 10 Januari 2011

Pengolahan SP2010 Telah Berakhir



















Secara resmi pengolahan Sensus Penduduk 2010 (SP2010) Provinsi Banten diakhiri pada tanggal 31 Desember 2010, bertepatan dengan akhir tahun 2010. Dengan berakhirnya pengolahan, maka kegiatan pengolahan yang selama ini melibatkan mitra pengolahan pun berakhir.




































Sebenarnya mitra pengolahan tahap I yang melibatkankan sekitar 150 orang telah diakhiri pada akhir bulan Oktober 2010 lalu, bersamaan dengan selesainya proses scanning dokumen SP2010-C1. Sedangkan mitra pengolahan tahap II yang berjumlah 20 orang dihentikan akhir bulan Desember 2010.



















Memang setiap ada kegiatan sensus BPS Provinsi Banten merekrut tenaga dari luar untuk mengerjakan kegiatan statistik, baik itu pencacahan sensus maupun pengolahan sensus. Namun bukan hanya sensus, survei yang dibilang besar pun kadang merekrut mitra, tapi tidak sebanyak saat kegiatan sensus. Mitra pengolahan biasanya direkrut dari kerabat kerja BPS Provinsi Banten atau yang tinggal disekitar kantor. Biasanya jam kerja mitra pengolahan sama dengan jam kerja kantor, namun tidak menutup kemungkinan di luar jam kerja, dibuat shift tambahan baik malam, maupun hari sabtu dan minggu.



















Acara perpisahan tahap I sudah dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2010, dengan acara bakar kambing guling dan bakar ikan, diiringi lagu dari keybord organ tunggal. Sedangkan acara pada tanggal 31 Desember 2010, cukup dengan makan bersama di bawah tangga ruang pengolahan, dengan makanan yang dibawa masing-masing mitra pengolahan. Walaupun sederhana, namun cukup meriah. Walaupun cuma bolu kukus, ketan hitam, keripik, rujak, buah-buahan dan makanan riang lainnya, tapi cukup mengenyangkan perut.



















Beberapa mitra pengolahan cukup puas bekerja di BPS, bahkan salah satu mitra pengolahan telah diterima menjadi pengawai negeri di BPS Provinsi Banten, sebagai arsiparis. Sedangkan ada dua orang yang berhasil diterima di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) sebagai mahasiswa baru, yang nantinya menjadi pegawai negeri di BPS.

Selamat berjuang !!

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar