Jumat, 14 Januari 2011

Hantupun Ikut Pengolahan SP2010

Kisah-kisah sebelumnya

Pengolahan Sensus Penduduk (SP) 2010 sudah berakhir, tapi ada beberapa kesan tersendiri. Seperti diberitakan sebelumnya, yang pernah dituliskan pada blog ini, hantu pun pernah mengikuti pelatihan pencacahan Sensus Penduduk 2010 yang diselenggarakan di Kabupaten Tangerang. Menyusul beberapa orang peserta pelatihan mendadak kesurupan di Kab. Pandeglang, gara-gara hantu yang tidak mendapat tempat dalam pelatihan pencacahan SP2010. Dan saat pelaksanaan lapangan, hantupun ikut terlibat dalam pencacahan lapangan, namun bukan sebagai pencacah (pendata) tapi sebagai responden (gila tuh). Nah itu cerita-cerita sebelumnya yang melibatkan hantu dalam pelaksanaan SP2010.

Nah apa jadinya bila hantu juga terlibat dalam pengolahan SP2010? Sebenarnya hantu di ruang kantor BPS Provinsi Banten sudah lama ada. Banyak kejadian-kejadian aneh yang terjadi selama bangunan kantor yang berdiri pada tahun 2005 sampai sekarang. Dulu pernah terjadi di ruang perpustakaan, saat salah seorang pegawai sholat dhuhur (dulu belum ada mushola), eh habis sholat langsung lari terbirit2, ada suara aneh, katanya. Tidak hanya itu di ruang Distribusi, setiap hari Jumat di ruangan kabid dimana sang kepala bidang sedang sholat jumatan di masjid terdengar suara berisik, dan kadang-kadang di ruang sholat (sementara) terdengar suara orang ngaji (suara nyaring) padahal jauh dari mesjid (dan bukan suara dari mesjid). Itu siang hari bolong lho, ngga tau itu halusinasi karyawan atau tidak (terserah anda percaya atau tidak). Nah yang lain di ruangan bidang sosial (dulu masih gabug dengan IPDS), salah seorang teman pulang terlambat gara-gara suaminya (karyawan juga) masih rapat dengan kepala. Dia sendiri di ruangan sendiri sambil bermain game kesukaanya sambil menunggu suaminya yang masih rapat, padahal sudah jam 16.00 waktunya pulang. Dia mengatakan bahwa dia asik ngobrol dengan saya, yang sedang asik duduk dihadapan layak komputer. Saat dia bertanya sesuatu, saya selalu mengatakan "ya", tanya kenapa belum pulang, saya mengatakan 'ya". Saking asiknya dia bermain game, sehingga dia tidak menatap muka lawan bicaranya. Rasa penasaran pu muncul, kok selalu dijawab "ya"?. Begitu dia menengok ke belakang, tenyata tidak ada seorangpun di ruang itu, maka dia pun langsung lari terbirit-birit keluar ruangan. Keesokan harinya, saya ditanya sama dia, saya pun menjawab bahwa saya tidak ngobrol setelah jam pulang, karena saya langsung pulang saat jam 16.00 tepat sama dengan yang lain. Jadi siapakah dia?

Pengalaman aneh juga menimpa diri saya sendiri, saat itu pas mau libur panjang dimana ada libur di hari Jumat. Kamis itu, beberapa teman sudah pulang tepat jam 16.00 dan ruangan pun kosong hanya saya sendiri, dihadapan laptop. Rasanya tanggung mengerjakan pekerjaan kantor, sehingga menunda jam pulang yang seharusnya pulang jam 16.00. Saya asik di laptop ku, tiba-tiba tempat CD/DVD di meja tempatku ada yang sengaja membunyikan (diadu antara tempat dan tutupnya). Saya hanya menyangka itu pasti jejak atau kuncing yang lagi iseng. Sayapun cek asal suaranya, ternyata tidak ada apa-apa. Saya pun tetap asik dengan pekerjaanku di layar monitor, tiba-tiba "BRAK...." suara kencang sekali dihadapanku. Suara seperti beberapa buku tebal yang jatuh dari atas lemari. Sayapun sempat mengecek siapa tahu ada orang yang iseng, ternyata hanya diri seorang. Sayapun tidak sempat lagi mematikan laptop dan langsung berkemas cabut keluar dari ruangan IPDS dan langsung pulang.

Ruangan pengolahan lebih gawat lagi, dua orang karyawan (bidang produksi) sempat diganggu saat bergabung di gedung belakang (pengolahan). Saat itu juga pas jam pulang, dua orang tersebut masih asik dengan komputer desktopnya, tiba-tiba ada suara "KREK....." seperti kursi berjalan, ketika ditelurusi arah suara, ternyata tidak bunyi. Dua orang tersebut pun kembali asik dengan pekerjaannya, dan suara kembali muncuk "KREKKK.....". Rasa penasaran pun muncul, salah satu dari mereka menunggu datangnya suara. Dan yang ditunggu-tunggupun muncul "KREEEKKK...." suara tersebut datang dari kursi yang berjalan sendiri. Diapun langsung lari terbirit-birit meninggalkan ruangan, dan temannya melihat dia lari, ikut lari juga. Iseng lagi-iseng lagi. Tidak hanya sekali, salah satu karyawan di bidang IPDS pun pernah melihat kursi berjalan saat dia selesai sholat ashar, di ruangan pengolahan. Dia pun lari terbirit-birit keluar ruangan, dan tidak sempat berdoa.

Dulu sayapun pernah diganggu di ruang pengolahan, saat melakukan edit pasca pengolahan PPLS, bersama teman-teman. Saat itu temanku minta diputarkan lagu lama yang biasa dinyanyikan "broery" sayapun mengambil laptop ku untuk memutarkan file Mp3. Ketika saya mau memutarkan lagu kesukaannya dia, tiba-tiba radio tape di ruangan pengolahan nyala sendiri dan memutarkan lagu yang dimaksud. Kok bisa, padahal radio tape tadi dalam posisi mati lho? Nah kali ini, kami ngga lari terbiri-birit, karena teman-teman cukup banyak, ada sekitar 10 orang, hehehe....

Hantu Berbaju Merah

Nah ini benar-benar terjadi saat pengolahan Sensus Penduduk 2010, yang terjadi pada tengah malam. Maklum pengolahan scanning (proses scan dokumen) berlangsung 24 jam, cuma istirahat 1 jam saja. Salah satu petugas scanning melihat seorang wanita berambut panjang berbaju merah memasuki ruangan tata usaha. Aneh kok ada seorang wanita, malam-malam keluyuran di kantor, padahal pengolahan entry yang melibatkan 150 orang, sudah pulang seluruhnya pada jam 23.45 WIB tadi. Rasa penasaranpun muncul, salah seorang dari petugas scanning yang penasaran mengikuti dari belakang, dan masuk ke ruangan tata usaha. Rasa penasaran kembali timbul, dicek satu persatu sudut ruangan, lho kok wanita tadi kemana? Dia baru sadar bahwa yag dilihat tadi hanya hantu yang menampakkan diri. Langsung dia pun lari terbirit-birit meninggalkan ruangan tata usaha.

Hantu Petugas Entry

Saat itu pengolahan entry dokumen non scanner hampir selesai, dan untuk mempercepat laju pengolahan hari Minggupun dimanfaatkan untuk mengentri dokumen. Petugas pun sangat antusias pada pekerjaan tersebut. Petugas entry yang seluruhnya merupakan mitra pengolahan (non BPS yang dikontrak), sangat bersemangat, bahkan saat istirahatpun digunakan untuk entry. Hal ini wajar, karena upah yang dibayar berdasarkan reward dari jumlah dokumen yang dientry, bukan absensi seperti halnya pengolahan dokumen scanner.

Salah satu orang nekat, ke atas (ruangan pengolahan ada di lantai 2) memasuki ruangan pengolahan. Tapi tiba-tiba " AAAA..." teriakan keras terdengar dari dia, seperti orang ketakutan. Ternyata terlihat keyboard komputer mengetik sendiri, seperti orang sedang mengentry dokumen. Ruangan memang masih kosong karena sedang jam istirahat makan dan sholat. Mitrapun sekarang tidak mau lagi sendirian di ruangan pengolahan, takut hantu. Yah... hantupun ikut pengolahan SP2010.....

Belum lama berselang, saat pengolahan scanner di proses validasi, dimana terjadi saat pergantian shift, dari shift I ke shift II (kiri-kira setelah waktu magrib). Salah satu mitra pengolahan menunggu kakaknya yang juga karyawan di BPS di ruangan pengolahan (dekat tangga). Dia memang sendirian, tanpa siapapun. Shief I orang-orangnya sudah keluar ruangan semua, sedangkan shieft II belum ada yang datang. Dia asik bengong sesekali melihat hp yang digenggamnya. Tiba-tiba ada salah seorang wanita berambut panjag keluar dari ruang pengolahan menuju ke toilet, sambil dengan muka menunduk. Dia (si mitra) cuek aja, mungkin temannya yang memang telat pulang dan ke toilet dulu. Tapi kok lama banget hampir setengah jam kok ngga keluar-keluar? Rasa penasaran pun timbul, diapun menuju toilet yang arahnya dibalik tembok (dan hanya satu jalan, tidak ada jalan artenatif). Betapa kagetnya dia, ternyata wanita itu tidak ada, pintu toiletpun dalam keadaan terbuka...... Tanpa pikir panjang, dia pun turun tangga keluar dari gedung tersebut.

Wah, wah hantupun ikut nimbrung dalam pengolahan SP2010....!!!

(Dihimpun dari cerita teman-teman)

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar