Senin, 24 Januari 2011

UFO Mendarat di Sleman


VIVAnews - Crop circle atau pola simetris yang terbentuk di persawahan Berbah, Sleman, diduga muncul hanya dalam dua jam pada Sabtu 22 Januari 2011 malam. Kemunculannya diperkirakan antara pukul 21.00 sampai 23.00 Waktu Indonesia Barat.

Fakhrur Rozi, salah satu pemilik sawah, mengatakan, pada pukul 16.00 melihat sawahnya masih baik-baik saja, tidak rubuh. Cuaca memang kurang baik. "Malam Minggu tersebut tidak hujan, hanya gerimis," katanya kepada VIVAnews, Senin 24 Januari 2011.

Mudakhir, peternak sapi yang bertugas ronda pada malam itu, juga menyatakan sampai Maghrib, pukul 18.00, sawah masih utuh. Mudakhir kebetulan meronda di kandang ternak kelompok Sepadukuhan Karasakaan yang terletak di selatan sawah tempat pola terbentuk.

Kemudian Wasijo, petani warga Krasakaan, Jogotirto, Berbah Sleman, menyatakan sampai pukul 21.00, tak ada angin yang bisa merubuhkan tanaman padi. Malam itu, Wasijo masih berada di sawahnya yang terletak di seberang lokasi sawah yang memiliki pola misterius itu. Sawah Wasijo dibatasi jalan desa dengan sawah Rozi.

"Dan tidak ada orang atau pun yang mencurigakan di sawah yang (kemudian) rubuh itu," kata Wasijo.

Ngadiran, salah seorang pemilik sawah yang memiliki pola aneh itu, juga menambahkan, kejadian seperti ini pertama kalinya terjadi. "Sebelumnya, belum pernah ada kejadian seperti ini di dukuh sini," ujarnya.

Ngadiran sendiri mengetahui sawahnya rubuh pada Sabtu malam menjelang pergantian hari ke Minggu. Awalnya, Ngadiran mengira padinya rubuh karena dilewati hewan besar yang turun dari Merapi. Namun paginya, setelah melihat potret dari seorang anak dari pemilik sawah lainnya yang memotret dari ketinggian, terlihat bahwa padi yang rubuh itu membentuk detil misterius yang mirip fraktal.

Namun, seorang warga yang bertempat tinggal di dekat sawah itu, Basyori, memberikan kunci jawaban. Basyori mengaku pada pukul 22.30 WIB mendengarkan suara seperti pesawat dari arah persawahan.

Basyori yang sedang menonton televisi sontak bertanya pada istrinya. "Ini suara apa sih, Bu? Kok kayak pesawat, tidak keras tapi jelas terdengar," katanya. Tapi istrinya diam saja. Basyori pun tak merespons lebih lanjut.

Apakah itu berarti crop circle ini terbentuk antara pukul 21.00 sampai 23.00 ini?

Crop circle atau pola sirkuler di ladang pertanian, dikabarkan muncul pertama kali di Inggris pada tahun 1647. Kemunculannya dipublikasikan luas di media massa sejak akhir 1970-an. Fenomena ini kebanyakan muncul secara misterius di malam hari.

Crop circle hampir selalu dikaitkan dengan kisah UFO (unidentified flying object), meski faktanya, sebagian besar pola itu terbukti bikinan manusia atau disebabkan faktor alam. Hanya sekitar 20 persen yang hal-ihwalnya masih misterius, hingga kini.

Berikut, sejumlah corp circle dari masa ke masa:

1647: The Mowing Devil atau 'Setan Pemotong'

Tahun 1647 menandai kemunculan pertama crop circle. Lokasinya di Berkshire, Inggris. Fenomena ini dicatat dalam sebuah pamflet d potongan kayu dan dikenal dengan sebutan 'The Mowing Devil'. Pamflet itu menceritakan seorang petani yang menolak biaya potong gandum yang kelewat, dan mengaku lebih suka menyewa setan. Disebutkan, crop circle yang muncul di tahun 1647 itu kemungkinan hasil karya setan.





















1880: Laporan Jurnal Nature

Seseorang bernama Brandon Meland melapor ke Jurnal Nature. Ia mengaku menemukan beberapa pola berbentuk lingkaran raksasa di ladangnya. Ia menduga itu ada kaitannya dengan angin puting-beliung.

1966: Landasan piring terbang di Tully, Australia

Kabar soal keberadaan crop circle sempat mereda selama berpuluh-puluh tahun. Berita soal fenomena aneh itu kembali meledak pada 1966 di Tully, Australia. Seorang petani pisang, George Pedley, mengaku melihat sebuah obyek seperti piring terbang melesat dari kawasan sebuah laguna. Pedley lantas menemukan adanya formasi sirkuler berukuran besar, yang lantas disebut-sebut merupakan area bekas pendaratan piring terbang itu.

Penyelidikan polisi menemukan ada lima formasi serupa di dekat lokasi itu. Disimpulkan, itu adalah akibat 'Willy-willy', badai sirkuler kecil di wilayah tropis.

1978: Crop buatan Bower dan Chorley

Di tahun 1970-an, crop circle mewabah di Inggris dan menarik perhatian media massa dunia. Pada tahun 1978, Doug Bower dan Dave Chorley mulai membuat crop circle di malam hari. Mereka berharap ini akan menarik perhatian media massa. Namun, upaya mereka selalu gagal karena terus disapu angin. Pada tahun 1981, mereka membuat formasi yang lebih kompleks di Winchester.




























Ulah mereka baru terkuak pada tahun 1991 dan mereka pun mengakuinya di hadapan publik. Penyebabnya: Bower harus meyakinkan istrinya bahwa dia sering ke luar malam-malam bukanlah untuk berselingkuh.

Setelah Chorley meninggal mendadak pada 1996, Bower bekerja sendirian membuat corp circle; kali ini demi seni.

1991: Formasli Kastil Barbury

Formasi crop circle makin kompleks di tahun 1980-an. Crop circle di Kastil Barbury di Wiltshire menunjukkan pola yang jauh lebih rumit. Inilah kali pertama, ada crop circle yang bentuknya tak simeteris dan diklaim merupakan bukti pola matematis alam semesta. Asal-usul crop circle ini masih misterius sampai sekarang.




















1992: Kompetisi Crop Circle Buckinghamshire

Sebanyak 12 tim mengikuti kompetisi untuk menciptakan tipuan crop circle terbaik demi memperebutkan hadiah sebesar 5.200 poundsterling.

Kerja besar pun dimulai. Ada tim yang bahkan menggunakan helikopter untuk menurunkan pipa dan tangga. Ada juga yang memilih cara sederhana, menggunakan mesin pemotong rumput. Menurut penyelenggara, hasil karya peserta membuktikan bahwa crop circle sekompleks apa pun bisa jadi hanya tipuan manusia.

1992: Pembuat Tipuan Crop Circle Dihukum

Di Hungaria, dua petani muda ambisius untuk kali pertama dihadapkan ke pengadilan gara-gara crop circle. Baru berusia 17 tahun, Gabor Takacs dan Robert Dallos membuat crop circle berukuran besar di ladang gandum di luar Budapest. Tiga bulan kemudian, mereka mengakui ulah itu di televisi. Pemilik ladang yang geram akhirnya menuntut mereka atas kerusakan yang telah mereka akibatkan.

1995: Lahirnya Circlemakers.org

Pada tahun 1995, grup Circlemakers membuat sebuah situs berisi berbagai informasi tentang crop circle, forum diskusi online, bahkan instruksi bagaimana membuat crop circle.





















2002: Dokumentasi Discovery Channel

Pada tahun 2002, Discovery Channel meminta lulusan Universitas MIT, Boston, AS, untuk membuat crop circle dan mendokumentasikannya dalam tayangan dokumenter berjudul: “Crop Circles: Mystery In the Fields.” Tujuan acara itu untuk menunjukkan kemunculan pola sirkuler ini bisa jadi cuma sebuah tipu-daya belaka.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar