Jumat, 01 Juli 2011

Tampilan Google+ Mirip dengan Facebook

Setelah kurang berhasil dengan Google Wave dan Google Buzz, kini Google menyodorkan lagi layanan jejaring sosial yaitu Google+. Tampilannya sederhana dan beberapa fitur mengungguli Facebook. Akankah Google+ sepopuler Facebook?

Sepintas Google+ mirip dengan Facebook. Di layar utamanya terdapat deretan posting dari status teman, dan setiap status juga tersedia komentar. Apa yang membedakannya dengan Facebook?

Facebook menyetarakan semua teman Anda. Semua status Anda di Facebook akan dilihat oleh semua teman Anda, demikian dengan foto yang Anda upload. Kecuali, Anda ingat menggunakan Custom Privacy dari Facebook untuk menentukan siapa saja yang dapat melihat posting Anda.

Di Google+ hubungan Anda dengan teman-teman Anda tidak disama-ratakan. Anda dapat mengelompokkan teman-teman Anda ke dalam teman sekolah, famili, teman kantor, dan lain-lain. Setiap kelompok itu disatukan ke dalam circle. Sehingga suatu saat Anda akan update status, Anda dapat memilih circle mana saja yang dapat membaca dan mengomentari status Anda. Tentu saja, Anda dapat menujukan status ke semua teman atau semua circle.

Fitur lainnya pada Google+ adalah Sparks dan Hangouts. Spark dapat digunakan untuk berbagi (share) konten. Anda dapat berbagi konten dengan teman tertentu, atau dengan teman-teman di suatu circle. Sedangkan Hangouts merupakan fasilitas untuk video chat bersama teman-teman di dalam circle.

Fasilitas sharing foto pada Google+ dikaitkan dengan Picasa (layanan foto dari Google). Anda dapat share sebuah foto atau album foto ke circle tertentu atau ke setiap teman Anda.

Sampai saat ini Google+ belum bisa digunakan oleh setiap orang, hanya orang-orang yang telah diundang oleh Google yang dapat mencobainya. Tetapi Google menyediakan update informasi ke e-mail Anda mengenai Google+, kapan tersedia secara luas. Bila berminat, Anda dapat mendaftarkan e-mail Anda ke Plus.Google.com.

sumber : infokomputer.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar