Selasa, 05 Juli 2011

Mencoba Windows 8 versi Beta

Microsoft memenuhi janjinya untuk mendemokan sistem operasi Windows 8. Lalu seperti apa tampilan OS paling anyar milik raksasa software tersebut?

Oleh Microsoft, tampilan antarmuka dari Windows 8 ini untuk menutupi kesenjangan antara pengguna PC konvensional, dengan pengguna tablet yang lebih banyak berbasis pada layar sentuh. Perusahaan tersebut jelas bertujuan untuk membuat OS baru ini menjadi yang ramah bagi layar sentuhnya, dengan menghadirkan tombol besar pada tiap aplikasinya.

Dilansir melalui Tech Report, Kamis (2/5/2011), menariknya video ini juga mengungkapkan bahwa pengembang akan mendapat kode Windows 8 untuk menjalankan aplikasi menggunakan HTML5 dan JavaScript. Itu akan mengaburkan perbedaan antara software lokal dan aplikasi web.

Selain itu juga userinterface Windows 8, juga menampilkan desain Metro yang digunakan pada Windows Phone. User interface menampilkan jam dan hari, termasuk ikon power management dan kemudahan akses ke aplikasi.

Sayang belum ada rincian lebih jauh mengenai Windows 8, yang memang baru sebatas demo video tersebut. Termasuk kapan versi final ini akan segera dirilis, walaupun ada kemungkinan akan dihadirkan pada 2012 mendatang oleh Microsoft.

Microsoft benar-benar memanfaatkan pekan ini untuk membuat kejutan. Versi terbaru sistem operasi yang tengah dikembangkannya, Windows 8, memulai debutnya dalam D9 All Thing Digital di Rancho Palos Verdes, California, Amerika Serikat, dan langsung menyusul di sela-sela pameran Computex 2011 di Taipei, Taiwan, yang berlangsung 31 Mei-4 Juni 2011.

Steven Sinofsky, Presiden Windows di Microsoft, mendemonstrasikan langsung perangkat berbasis Windows 8 di hadapan peminat teknologi di Negeri Paman Sam itu, Rabu (1/6/2011) malam. Windows 8 dirancang sebagai sistem operasi tunggal yang bisa jalan di platform apa pun dengan ukuran layar bervariasi, baik yang mendukung layar sentuh maupun bukan.

Tampilannya lebih mirip Windows Phone 7 dengan menu-menu yang tampil dalam bentuk susunan kotak-kotak ketimbang ikon pada Windows di desktop. Software tersebut bisa digunakan untuk desktop sekaligus untuk tablet.

"Windows 8 merupakan perubahan sistem operasi terbesar yang dilakukan sejak Windows 95," kata Julie Larson-Green, Vice Presiden Microsoft saat mendemokannya.

Di Taipei, Microsoft bahkan memamerkan sejumlah perangkat yang sudah bisa menjalankan Windows 8 baik tablet, desktop, maupun notebook. Misalnya buatan Dell, Asus, Quanta Computer. Bahkan, sistem tersebut untuk menunjukkan bahwa Windows 8 berjalan di perangkat berbasis chip ARM, Qualcomm, Texas Instruments, maupun NVidia.

Kadung Bocor

Entah disengaja atau tidak, namun yang pasti sebuah dokumen Microsoft yang dikirimkan ke rekanan bisnisnya bocor di internet. Isi dokumen tersebut antara lain, proyek besar Microsoft yaitu Windows 8. Ketika ditemukan, dokumen tersebut memerlihatkan visi Microsoft untuk Windows 8. Seperti desain komputer dan kemampuan perangkat keras. Namun, sebagian permintaan juga ada yang meminta sistem anyar pada Windows 8 dipasangi Original Equipment Manufacturer (OEM).

Menurut Microsoft, Windows teranyarnya nanti akan mengunggulkan sensor yang lebih beragam. Mulai dari Global Positioning System (GPS), posisi yang berbasis menara BTS, sensor kedekatan, accelerometer, dan kamera web.

Windows Store adalah salah satu feature yang diusung Microsoft melalui Windows 8-nya. Toko ini akan menangani feature-feature standar. Semisal pengelolaan akun dan pembaruan peranti lunak, pun menyediakan kemampuan mereplika aplikasi dan pengelolaannya di berbagai perangkat yang berbeda. Sedianya, toko aplikasi ini akan membidik App Store milik Apple.

Berdasarkan proyek yang kadung bocor di internet itu, terkuak pula rencana Microsoft yang akan merilis browser terkuatnya, Internet Explorer 9 versi Beta pada Agustus mendatang. Namun demikian, juru bicara Microsoft enggan berkomentar terkait dokumen Windows 8 tersebut.

Hal tersebut diperkuat alasan Windows 7 yang belum genap setahun diluncurkan. Jadi, mustahil bila Windows 8 meluncur sebelum tahun 2012. Sementara itu, Matt Rosoff (analisis dari Directions on Microsoft), mengatakan bahwa kebocoran ini adalah upaya Microsoft sendiri untuk mendapatkan masukan apa dari apa yang sedang mereka kerjakan.

Feature :

The main feature that was shown is the extensively redesigned user interface, optimized for touch as well as use with mice and keyboards. The Start menu is replaced by the new "Start screen", which includes live application tiles. The user can return to the regular desktop by choosing the "Desktop" application. Examples of applications on the Start screen include a weather application, Windows Store, Investments, RSS news feeds, user's Personal Page, and user's Windows Live Account. The new interface is primarily designed for 16:9 screen resolution, with 1366×768 and larger screens able to display two Windows 8 applications using "Snap". 1024×768 screens can display one Windows 8 application in full-screen, and 1024×600 screens can only use the traditional Windows desktop.

Mike Angulo confirmed at Computex 2011 that Windows 8 will use OEM Activation 3.0 instead of Windows 7 OEM Activation 2.1, which will make it less prone to hacks.

Windows 8 has a new developer platform according to Microsoft Vice President Julie Larson-Green, who described a new weather application and said that the application uses "our new developer platform, which is...based on HTML5 and JavaScript."

Ingin mencobanya silakan download atau copy paste URL dibawah ini :
Windows8_part1.rar
Windows8_part2.rar
Windows8_part3.rar
Windows8_part4.rar

---
sumber : okezone.com, wiki.com, tekno.kompas, 3hsoftcom, infokomputer.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar