Rabu, 06 November 2013

Error Koneksi SQL Server : A network-related or instance-specific error occurred while establishing a connection to SQL Server









Beberapa hari yang lalu saya dipusingkan dengan tidak bisa koneksi ke SQL Server. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk men-solve error tersebut, dan berikut adalah beberapa diantaranya:
  
1. Cek status server
Mungkin ini kedengarannya sederhana, tapi kita harus memastikan bahwa database server tujuan kita sudah dinyalakan. Selain itu kita harus memastikan tidak ada masalah pada jaringan LAN. Untuk mengecek-nya kita dapat menggunakan perintah ping pada command prompt. 












2. Cek status database engine

Cek status database engine dengan menggunakan SQL Server Configuration Manager dan pastikan service database engine telah berjalan.









3. Check Status Protocol Named Pipes SQL Server

Check status Shared Memory, Named Pipes, dan TCP/IP menggunakan SQL Server Configuration Manager dan pastikan status-nya Enabled.








4. Check Firewall

Lakukan pengecekan di firewall untuk melihat apakah port yang digunakan oleh SQL Server di-blok atau tidak. Secara default, SQL Server menggunakan port 1433. Pastikan port tersebut dibuka agar koneksi ke SQL Server dapat dilakukan dari luar server. Pada gambar dibawah saya menambahkan sebuah Inbound Rules dengan nama SQL Server yang membuka port 1433.







Sekian dulu semoga bermanfaat :

Sumber : http://sqlserver-indo.org

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar