Kamis, 14 April 2011

Lagu ‘Chaiya Chaiya’ Memang Ngetop!

BRIPTU Norman Kamaru, anggota Brimob Polda Gorontalo, tak salah memilih lagu ‘Chaiyya Chaiyya’ saat berdendang lipsing dan berjoget ala aktor India di posnya – dan kemudian menghebohkan dunia maya.

Lagu soundtrack film Dil Sie (1998) yang dibintangi aktor ganteng Shah Rukh Khan itu memang lagu yang ngetop di seantero dunia. Bukan hanya di India dan penggemar film-film Bollywood melainkan juga di Hollywood – Amerika.

Lagu itu bahkan dipakai di beberapa film dan serial televisi produksi Amerika itu. Tak heran, karena ‘Chaiyya Chaiyya’ masuk dalam 10 besar lagu terpopuler seantero dunia versi BBC.

Pada pembukaan film produksi tahun 2006 itu, ‘Chaiyya Chaiyya’ telah diringkas dari versi aslinya, dan ditambahi iringan terompet. Sementara pada penutupan ‘Inside Man,’ (dibintangi aktor Denzel Washington) digunakan ‘Chaiyya Chaiyya’ versi remix hip-hop.

‘Chaiyya Chaiyya’ juga diperdengarkan pada serial televisi ‘CSI: Miami’ musim lima episode ke-5. Versi asli lagu ini dapat diperoleh pada kompilasi album A.R. Rahman yang berjudul ‘A.R. Rahman – A World Music.’ A.R. Rahman adalah pencipta lagu ‘Chaiyya Chaiyya.’ Lirik ‘Chaiyya Chaiyya’ sendiri dikarang oleh rekannya, Gulzar.

Lagu itu menjadi populer karena dipakai di film Dil Se yang dibintangi Shahrukh Khan itu. ‘Chaiyya Chaiyya’ seringkali digunakan di berbagai festival kebudayaan di India.

Lagu ini juga dipilih sebagai lagu pengiring pada upacara pembukaan pesta olahraga negara-negara persemakmuran tahun 2010 yang berlangsung di Stadion Jawaharlal Nehru, New Delhil.

Pada tahun 2003, BBC menggelar survei global untuk memilih 10 lagu terpopuler yang pernah ada. Terdapat 7.000 lagu dari seluruh dunia yang masuk seleksi untuk dipilih.

Survei sendiri dilakukan di 155 negara. Hasilnya, ‘Chaiyya Chaiyya’ terpilih di deretan ke-9 lagu terpopuler sepanjang masa. Uniknya, lagu ini tidak hanya populer di India, tapi juga di Inggris.

BATAL JATUHKAN SANGSI

Dukungan kuat masyarakat di dunia maya pada aksi kocak Briptu Norman Kamaru meredakan Mabes Polri, dari semula yang hendak menjatuhkan sangsi menjadi menyalurkan bakat.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam mengapresiasi bakat Norman dalam olah vokal. “Tidak, dia (Norman) enggak akan dihukum,” ujar Anton kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (6/4).

“Saya kira itu cuma reaksi seorang polisi. Dia juga kan sebenarnya adalah penyanyi di Polda. Itu kan aset kita, dan kita malah berterima kasih. Kita akan salurkan bakatnya,” jelasnya.

Sumber : Post Kota


Putar : Lagu Chaiya-Chaiya disini




Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar