Selasa, 21 Desember 2010

FAMILY GATHERING BPS PROVINSI BANTEN


Upaya Sosialisasi Reformasi Birokrasi di Lingkungan Keluarga BPS

Awal Desember, tepatnya tanggal 4-5 Desember 2010, BPS Provinsi Banten mengadakan acara rekreasi bersama keluarga (Family Gathering). Acara ini bertujuan sebagai sarana “refreshing” bagi seluruh pegawai yang telah bekerja keras selama tahun 2010 menyelesaikan berbagai tugas berat terutama SP2010.

Format rekreasi kali ini sedikit berbeda dibandingkan dengan yang pernah dilakukan sebelumnya. Pimpinan BPS Provinsi Banten berkeinginan rekreasi kali ini tidak hanya sekedar jalan-jalan semata, akan tetapi mampu memberikan pendidikan yang berharga bagi seluruh pegawai beserta keluarganya. Oleh karenanya, dipilihlah sebuah tempat yang asri bernama “Pine Forest Camp”, yang menyediakan sarana untuk outbound dengan berbagai jenis education games. Tempat ini terletak di wilayah Jawa Barat, tepatnya di desa Cibodas, Maribaya – Bandung. Sesuai dengan namanya, tempat ini dipenuhi oleh rimbunan pohon pinus dan merupakan sebuah perkemahan yang menyenangkan.
Peserta Family Gathering berangkat dengan menggunakan 26 kendaraan minibus plus satu buah bus kecil. Rombongan menghabiskan waktu sekitar 6 jam untuk mencapai “Pine Forest Camp”, dengan start awal pukul 06.00 dari kota Serang, rombongan baru mencapai tujuan sekitar pukul 12.00. Dari kota Bandung, butuh sedikit perjuangan untuk mencapai lokasi karena jalannya yang menanjak, sedikit rusak, sempit plus jurang.
Hari pertama di Pine Forest Camp diisi dengan education games. Peserta dibagi dalam 8 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari beberapa keluarga. Ada tujuh education games yang harus dilakukan oleh setiap kelompok, diantaranya memindahkan gelas aqua berisi air yang diletakkan di atas kain, permainan roda tank, permainan berjalan bersama dengan menempelkan balon di punggung anggota kelompok, permainan memindahkan tongkat dengan dijepit oleh kaki, dan lainnya. Terlihat, dalam setiap permainan dilakukan dengan penuh kegembiraan dan sukacita, walau kadang diiringi dengan sedikit “intrik” untuk memenangkannya. Semua permainan dipandu oleh fasilitator yang telah disiapkan oleh Pine Forest Camp. Kegiatan di hari pertama ditutup dengan perlombaan menangkap ikan. Malam harinya diisi dengan organ tunggal yang menampilkan penyanyi “rumahan” dan “dadakan” serta dihangatkan dengan api unggun.
Di hari kedua, diawali dengan senam aerobik di pagi hari. Udara pegunungan yang dingin dan segar menambah semangat seluruh peserta untuk melakukan gerakan aerobik guna mengusir rasa dingin. Minuman hangat dan sarapan pagi menjadi santapan setelah beraerobik ria. Kegiatan berikutnya diisi dengan flying fox, menunggang kuda, tracking ke kebun strowbery dan kebun anggrek. Setelah makan siang, acara Family Gathering berakhir dengan ditandai pembagian hadiah bagi pemenang education games dan ditutup oleh pimpinan BPS Provinsi Banten. Selanjutnya peserta turun ke kota Bandung untuk sekedar jalan-jalan dan membeli sedikit oleh-oleh khas Bandung tentunya.
Kegiatan ini dirasakan mempunyai timing yang tepat dalam rangka mempersiapkan pegawai BPS Provinsi Banten untuk menyongsong Change and Reform BPS yang terus bergulir. Semoga seluruh pegawai BPS Banten menjadi lebih fresh setelah mengikuti Family Gathering dan bertambah produktivitasnya sesuai dengan tema Family Gathering “ Kita Tingkatkan Produktivitas dan Kinerja Melalui Strategi CERDAS Dalam Kebersamaan dan Dukungan Keluarga”. (Amir/Sam)

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar