Kamis, 30 Desember 2010

Pelatihan INAS Pengolahan Susenas-Sakernas

PELATIHAN PENGOLAHAN INSTRUKTUR NASIONAL (INAS) PENGOLAHAN SUSENAS (SURVEI SOSIAL EKONOMI NASIONAL) DAN SAKERNAS (SURVEI ANGKATAN KERJA NASIONAL) TAHUN 2011

Kami baru ingat, kalau awal bulan in BPS RI memanggil penanggungjawab pengolahan di BPS Daerah untuk mengikuti pelatihan pengolahan instruktur nasional (INAS) pengolahan untuk kegiatan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) dan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) Tahun 2010. Acara berlangsung dari tanggal 5 -12 Desember 2010 di Hotel Orchardz, Mangga Dua Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh 2 orang perwakilan dari 33 provinsi ditambah beberapa orang perwakilan dari direktorat sosial, dan direktorat sistem informasi statistik (SIS) selaku nara sumber.

Acara dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh Direktur Sistem Informasi Statistik (SIS) selaku penanggungjawab kegiatan pengolahan ini. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai metodologi kegiatan SurveiSusenas/Sakernas 2010, dari Direktorat Metodologi. Materi ini menjelaskan bagaimana pengambilan sampel dari survei tersebut, dan kegiatan updating listing rumahtangga sebelum melakukan penarikan sampel rumahtangga.



















Hari kedua diisi dengan materi tata cara pengolahan Sakernas, dengan menggunakan program CSPro, yang merupakan program andalan BPS dari tahun ke tahun. Penggunaan program ini sangat simpel dan tidak ribel, baik dalam instalasi maupun penggunaannya. Namun disayangkan program ini hanya bisa berjalan dalam PC Stand Alone, sehingga tidak perlu ada server segala. Proses penggabungan file pun sangat mudah, mengingat setiap sampel(NKS) yang dientri terbentuk file tersendiri. Mudah dan praktis, jarang terjadi crash maupung hung, dan programnya pun FREE alias tidak berbayar.

Materi kedua diisi dengan penjelasan dan ujicoba pengolahan Susenas 2011. Program yang dipakai dalam pengolahan tersebut sangat berbeda, dengan menggunakan C++ dari microsoft, dengan database SQL yang terhubung dengan server. Program ini cukup rumit, karena bila gagal dalam instalasi atau salah memilih menu yang diinginkan, maka program pengolahan tidak bisa berjalan dengan lancar. Program inipun harus berjalan di Windows XP atau Windows 7 tapi yang 32 Bit. Untuk itu instalasi program harus benar-benar ditaati.

Materi ketiga berupa instalasi server kabupaten/kota, perakitan peralatan hand key untuk absensi pegawai, dan penjelasan program MS Office 2010 dari microsoft.

Pada hari dan waktu yang sama, pada tanggal 8-10 Desember 2010 di Hotel Ibis Kemayoran telah diadakan juga pelatihan website untuk penanggungjawab pengelolaan website di daerah. Peserta terdiri dari 33 orang dari BPS Provinsi se-Indonesia, dengan narasumber dari Direktorat Diseminasi Statistik. Materi yang disajikan meliputi desain tampilan website dengan menggunakan php dan database SQL. Dengan waktu yang begitu singkat tentunya peserta harus sangat konsentrasi dalam menerima materi yang cukup padat.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar