Jumat, 03 Desember 2010

Perbaikan Tower VPN

Sudah sebulan lebih VPN BPS Provinsi Banten mengalami gangguan, sering putus. Kadang lancar, kadang kalau cuaca buruk, angin kencang maka jaringan internet putus total. Sudah dilakukan observasi oleh Lintas Arta Jakarta, untuk mengevaluasi apa yang menyebabkan gangguan tersebut. Dua minggu sebelumnya, sudah dilakukan penggantian modem. Pertama-tama sih bagus, ternyata lama-lama mengalami gangguan yang sama.

Setelah dilakukan tiga kali observasi dengan orang yang berbeda dari Lintas Arta, diketahui bahwa ternyata ada beberapa pohon yang menghalangi pancaran tower wireless. Beberapa solusi dilakukan, seperti menebang pohon, namun itu tidak bisa dilakukan karena bukan haknya. Solusi kedua adalah meninggikan tower wireless yang berdiri di belakang gedung BS Provinsi Banten. Memang letak gedung kantor menempati dataran tanah yang tidak begitu tinggi, sehingga tower yang tinggipun terlalu pendek.

Selama 4 hari berturut-turut pihak Lintas Arta melakukan peninggian tower wireless, mulai hari Jumat 26 November 2010 sampai dengan Senin, 29 November 2010. Peninggian tower dilakukan dengan penggantian tiang tower, mengingat tower lama sudah miring dan rawan keropos.

Setelah dilakukan pemasangan tower yang baru dengan peninggian sekitar 35 meter, maka jaringan internetpun lancar kembali.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar