Senin, 30 Mei 2011

Pemasangan IP Phone

Minggu lalu, rekanan LintasArta melakukan pemasangan IP Phone di BPS Provinsi Banten. IP Phone merupakan teknologi yang memungkinkan panggilan telpon dilakukan melalui jaringan internet. Berbeda dengan VoIP yang menggunakan kabel RJ-telepon biasa, IPPhone menggunakan kabel jaringan biasa RJ-45, sehingga telepon dapat berfungsi selama bisa terjaring kabel local area network (LAN) yang terhubung internet.

Sebelumnya BPS menggunakan VoIP yang menghubungkan pesawat telepon biasa dengan modem dan router dengan kabel telpon biasa, sehingga butuh kabel panjang bila lokasinya jauh dari modem dan satu port satu kabel telepon. Namun dengan adanya IP Phone, tinggal mencolokan kabel RJ-45 saja ke jaringan LAN yang terhubung internet, maka sudah bisa menggunakan telepon, namun perlu disetting dulu pada pesawat telepon yang merupakan pesawat khusus untuk IP Phone.

Untuk setting sangatlah mudah tinggal isi username, label, ip address telepon (ip, submark, gateway), lokasi ip address server ip phone, sedangkan DNS tidak perlu diisi (blank kan saja).

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar