Kamis, 05 Januari 2012

Sembilan Makanan Terbaik

Don't look the book from the cover, istilah ini mungkin sangat cocok bagi Anda yang suka pilah pilih makanan. Penampilan fisik yang menggiurkan tidak menjamin menawarkan kesehatan bagi tubuh.

Makanan yang baik adalah makanan yang di dalamnya mengandung banyak vitamin, antioksidan, dan mineral. Kemasan kandungan nutrisi inilah yang membuat hidup menjadi lebih sehat dan rentan akan penyakit seperti jantung koroner, diabetes dan stroke. Seperti yang dikutip dalam Times Of India, makanan ini juga dapat memperlmbat penuaan dini dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
Inilah top 9 makanan terbaik yang ada di sekitar kita.
1. Almond
Mengandung banyak antioksidan, vit E dan zinc yang berfungsi untuk mencegah keriput, penuaan , kanker, penyakit jantung dan stroke. 1 cup almond mengandung lebih banyak kalium dibandingkan buah pisang. Selain itu, biji-bijian ini juga mengandung magnesium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang.
2. Kacang
   Kacang polong, kacang merah dan lentil adalah beberapa jenis keluarga kacang yang baik untuk dikonsumsi, mengandung zat besi, mangan, antioksidan, vitamin B-kompleks dan Protein. Tinggi serat dan juga rendah lemak, sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol, resiko penyakit kanker dan diabetes.
3.Kubis
  Kaya akan glutamin, asam amino dan memiliki sifat inflamasi yang bermanfaat untuk jantung dan sistem peredaran darah. Untuk kubis ungu mengandung lycopene antioksidan, berfungsi untuk mengurangi resiko kanker prostat pada pria.
4.Bawang putih
  Kandungan sulfida alilik yang dapat menurunkan resiko kanker dalam tubuh. Bawang putih juga memiliki antibiotik alami dan antioksidan yang dapat mencegah influenza. selain itu, manfaat lainnya dalah bagi jantung yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah di arteri.
5. Labu kuning
   Warna kuning cerahnya berasal dari kerotenoid yang ada di dalamnya. Berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi sel-sel dalam tubuh. Labu juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang memegang peranan penting pada kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak.
6. Oats
   Kaya akan vitamin, serat, mineral dan antioksidan. Salah satu mineral yang di dalamnya adalah silika yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, otot dan sendi. Oats juga mengandung karbohidrat kompleks, lemak, dan zat besi yang dapat dijakdikan sebagai sumber energi jangka panjang dalam tubuh.
7. Berries
   Blueberry, blackberry, strobery, raspberry, dan cranberry merupakan beberapa anggota dari keluarga berries. Mengandung banyak antioksidan, vitamin dan mineral.
8. Bayam
   Mengandung kalsium, zat besi, kaya serat dan vitamin A,C, E dan K. kandungan betakarotennya lima kali lebih banyak dari brokoli.
9. Biji-bijian
   Biji-bijian seperti gandum dan berley mengandung jumlah serat yang mudah dicerna dalam tubuh, yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan meyeimbangkan glukosa dalam darah.



• VIVAnews

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar