Rabu, 04 Januari 2012

Perpendek Birokrasi, Tiga Lapis Eselon Dipangkas

Gemuknya jabatan di tingkat kementerian ataupun lembaga pemerintah non-departemen membuat panjangnya jalur pelayanan masyarakat. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar memunculkan sejumlah ide untuk memutus rantai ini.

"Jadi ada konsep untuk memangkas atau menghilangkan tiga lapisan eselon di tingkat pegawai negeri sipil," ujar dia di kantornya, Rabu 28 Desember 2011. Soalnya selama ini diakui banyak waktu yang sia-sia karena harus melewati banyak meja.

Lapisan yang digusur mulai dari pejabat eselon tiga hingga eselon lima. Biasanya diduduki oleh pegawai dengan golongan IVa hingga IIIa. Eselon lima banyak yang sudah hilang, eselon empat tinggal di unit-unit kecil saja. "Prinsipnya kami hilangkan tiga lapisan dengan variasi-variasinya," ujar Azwar. Prosesnya bertahap dan rencananya tahun depan akan diuji coba.

Kementerian yang menjadi uji coba kebijakan ini adalah kementerian non-portofolio. "Mungkin sebagian besar dimulai dari sini," kata Azwar. Nantinya akan menyusul petunjuk penghapusan tiga eselon. Menurut Azwar, sejumlah kementerian sudah menunjukkan sinyal positif terhadap kebijakan ini.

Tak perlu khawatir bagi yang pangkatnya tergusur. Azwar menguraikan akan ada perluasan tambahan perluasan jenis jabatan dengan pola karir yang jelas. Saat ini sudah ada tambahan 115 jabatan yang akan bertambah hingga 200 jenis.

Nah, terakhir Kementerian juga siap melatih satu juta PNS dalam waktu lima tahun. Kajiannya kini tengah digodok Lembaga Administrasi Negara. "Berapa kapasitas pemerintah bisa melatih dan mendidik PNS yang mumpuni," ujar dia. Tujuannya agar PNS jadi tambah percaya diri. Sebab faktanya pelatihan resmi PNS biasanya hanya terjadi pada masa prajabatan.

Sumber : Tempo

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar