Senin, 04 Oktober 2010

Membuat PDF dari MSWord 2007

Mungkin bagi kita yang komputernya menggunakan Windows Vista memiliki keterbatasan dalam menginstal beberapa aplikasi program. Sebagai contoh komputer Bu Lilis menggunakan Windows Vista, yang beberapa lalu terpaksa diformat ulang karena terlalu banyak virus, alhasil semua program aplikasi ludes, kecuali windows vista sendiri. Saya pun ikut kerepotan menginstal satu per satu program yang dibutuhkan. Kalau MS Office ok, ftp untuk koneksi ke server pusat juga ok. Nah yang menjadi masalah, create PDF dalam program Aplikasi Acrobat Profesional 6 tidak dapat dijalankan sehingga kita tidak dapat membuat file PDF.

Saya coba search di google untuk mencari program Create PDF yang cocok untuk windows Vista, ternyata saya ketemukan aplikasi InternationalPRIMOpdf. Program tersebut FREE sehingga aman untuk digunakan, dan yang lebih praktis lagi ukuran yang kecil sehingga mudah digunakan dan tidak memakan memori yang besar. PrimoPDF adalah sebuah software yang bisa mengkonvert sebuah dokumen ke format PDF. PrimoPDF bisa mengkonvert 300 lebih jenis file ke format PDF, misalnya dokumen word, excel, html, power point, dan lain sebagainya
















Cara menggunakannya pun sangat gampang. Kita tinggal mengistalnya terlebih dahulu ke komputer. PrimoPDF akan terinstall sebagai sebuah printer. Untuk mengkonvert sebuah dokumen ke format PDF, kita tinggal mencetaknya dengan Printer PrimoPDF kemudian menentukan nama dan lokasi file PDFnya. Tertarik ? Silakan download sendiri di :

http://www.ziddu.com/download/4989556/FreewarePrimoPDF.rar.html

Nah yang diatas bisa dilakukan, melalui proses PRINT. Namun bila komputer sudah terinstal MS Office 2007, ada aplikasi Add-in yang dapat digunakan untuk membuat file PDF. Kita bisa membuat file PDF dari dokumen Office 2007 dengan melakukan Save As. Tool yang akan digunakan adalah sebuah plugin Microsoft Office 2007 yang bernama SaveAsPDF. Dengan Add-In Office 2007 ini, kita akan sangat mudah membuat file PDF langsung dari jendela Microsoft Office . Misalkan menyimpan ke format PDF langsung dari Microsoft Word atau Excel dan program Ms. Office lainnya












Cara menggunakan add-in saveAsPDF cukup mudah. Berikut cara menyimpan dokumne Word ke file PDF:

  1. Pada jendela aplikasi Ms. Office, misalnya Microsoft Word, klik pada tombol Office Button dan pilih Save As » PDF.
  2. Di jendela Save As yang muncul, pastikan PDF terpilih pada dropdown box Save as type.
  3. Jika ingin mengatur jumlah halaman yang ingin disimpan sebagai file PDF, klik tombol Options. Pada jendela option bisa melakukan beberpa pengaturan lagi.
  4. Terakhir klik tombol Save.
Secara default, ketika proses penyimpanan selesai maka hasil dokumen PDF akan secara otomatis terbuka. Kita dapat melihat hasil konversi dari Word ke PDF melalui jendela PDF Reader Anda. Tertarik, selakan download link dibawah ini :

Download SaveAsPDF Add-in

VN:F [1.9.5_1105]

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar