Minggu, 24 Oktober 2010

Tampilan Layar di Windows XP terbalik

Hari ini saya dibuat bingung lantaran tampilan layar di komputer pengolahan Sensus Penduduk 2010 tiba-tiba terbalik 90 derajat. Si operator katanya salah pencet, trus tiba-tiba layar terbalik. Saya pun coba-coba memperbaiki tampilan layar tersebut, dengan kepala miring tentunya. Wah.. bener2 kami dikerjaain sama mitra pengolahan nih. saya coba, klik di bawah desktop, properti ... kok ngga ada ada menu yang bisa membalikan secara normal. Kami coba lagi klik kanan desktop, properti, display juga tidak ada tanda-tanda bisa membalikan secara normal.

Saya ingat dulu saat pelatihan pengolahan SP2010 di Bandung, salah satu teman pura-pura kebingungan lantaran tampilan layar di laptop dia terbalik 180 derajat. Saya amatin terus teman saya itu, padahal dia jago komputer kok merasa kebingungan dengan tampilan layar yang terbalik pada laptopnya dia sendiri. Beberapa temen-temen lainnya sempat mentertawakan gerak gerik dia seolah-olah laptopnya rusak dan mungkin vga nya kendor atau virus bisa jadi. Tapi begiku saya liat dia berhasil membalikan layarnya secara normal dan kemudian dia membalikan lagi 90 derajat maka saya tahu kalo dia pura-pura tidak bisa.















Tri salah satu admin pengolahan, yang waktu itu datang pada hari minggu ikut memperbaikinya, ngga bisa juga, lalu mencoba men-SEARCH di google. Dan ternyata cukup mudah untuk memperbaikinya yaitu cukup tekan CTRL + ALT + tanda panah ke atas
dan ternyata setelah dicoba bisa balik lagi tampilan layar seperti semula



















Untuk membalikan tampilan layar di desktop Windows XP ternyata mudah. Caranya klik kanan pada desktop layar komputer lalu pilih GRAPH OPTION, lalu klik graph property lalu pilih ROTATION tinggal pilih berapa derajat yang diinginkan. Ada beberapa komputer yang langung klik kanan GRAPHIC OPTION, langsung ROTATION, tergantung windows XP yang diinstal, ada perbedaan antara windows XP SP2 dan SP3. Saya coba di windows XP SP1 ternyata pilihan tersebut tidak tersedia (lihat gambar)

Silakan mencoba, tapi saya minta tolong jangan untuk menjailin teman-teman, hanay sekedar bisa saja, dan bisa memperbaiki bila menemukan masalah yang seperti itu.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar