Senin, 28 Maret 2011

VICON Finalisasi Angka Penduduk Indonesia

Hari Kamis yang lalu, tanggal 24 Maret 2011, diselenggarakan video conference (VICON) membahas finalisasi angka jumlah penduduk hasil Sensus Penduduk 2010. Vicon yang diikuti oleh seluruh BPS Provinsi Banten dan Deputi Bidang Sosial mensosialisasikan angka final penduduk Indonesia menurut jenis kelamin dan umur. Dalam paparannya juga piramida penduduk per 10 tahun dari tahun 1961 untuk melihat pergerakan penduduk.

Untuk Banten sendiri, pergerakan penduduk bisa tahun 2010 bisa dibandingkan dengan tahun 2000 atau sepuluh tahun yang lalu saat diselenggarakan Sensus Penduduk 2000. Angka final penduduk untuk Banten 2010 tidak berbeda jauh dengan angka jumlah penduduk yang dirilis dalam angka sementara bulan Agustus tahun lalu. Perbedaan ini wajar, mengingat angka olah cepat (angka sementara) dilakukan dengan hitung manual oleh petugas pencacahan, kemudian dikomulatifkan seluruh blok sensus dan dientri di BPS Kab/Kota. Sedangkan pengolahan sesungguhnya dengan menggunakan mesin scanner untuk melihat karakteristik yang lebih detail yang dilakukan di BPS Provinsi Banten.
















Walaupun angka jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur sudah final, namun untuk karakteristik masih dalam proses pengolahan di BPS RI dan sosialisasi hasil pengolahan akan dilakukan secara bertahap.

Kemarin juga ada VICON yang membahas Survei Wisatawan Nusantara, namun karena momentnya berbarengan dengan pelantikan pejabat struktural eselon III dan IV, maka hanya dihadiri oleh Kabid Bidang Distribusi, Kasi Harga Konsumen dan Produsen, Kasi Neraca Produksi saja.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar