Rabu, 23 Maret 2011

Pelatihan Inda Podes 2011

Minggu lalu, tepatnya tanggal 14-18 Maret 2011, dilaksanakan pelatihan Instruktur Daerah (INDA) Pencacahan dan Inda Pengolahan Pendataan Potensi Desa (PODES) 2011 yang bertempat di Marbella Hotel, Anyer Serang. Peserta adalah Kasi Sosial BPS Kabupaten/Kota dan Kasi IPDS BPS Kab/Kota ditambah dengan Kasi dan Staf IPDS BPS Proviinsi Banten.

Materi yang ditayangkan meliputi metodologi, dan tata cara pencacahan pendataan Podes, sedangkan kelas pengolahan, ditayangkan tatacara pengolahan Podes dari hasi pencacahan lapangan. Rencananya pengolahan dlakukan oleh Koordinator Statistik Kecamatan (KSK), namun tidak menutup kemungkinan bisa diolah di BPS Kab/Kota mengingat tidak semua KSK mempunyai laptop, dan jarak tempuh yang jauh (bagi kecamatan yang jauh). Sedangkan pencacahan lapangan dilakukan oleh mitra statistik.

Selain kelas pengolahan, juga diajarkan pemakaian mesin HANDKEY untuk absensi pegawai BPS Kab/Kota, yang akan diterapkan bagi BPS Kab/Kota. Walaupun beberapa kali mengalami trouble namun materi akhirnya selesai.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar