Rabu, 16 Februari 2011

Belajar Statistik via Minitab 15

Beberapa saat yang lalu saya mencari software yang dapat digunakan untuk analisis ARIMA untuk forcasting data timeseries. Dulu saya pernah belajar program Minitab, namun itupun masih versi DOS dan perintah-perintahnya harus tahu karena harus ditulis. Namun sekarang mungkin sudah tidak lagi, karena dengan fasilitas windows cukup drag and drop maka program akan berjalan dengan sendirinya, dan tidak lah serumit dulu.

Minitab adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun 1972. Minitab memulai versi ringannya OMNITAB, sebuah program analisis statistik oleh NIST.

Minitab didistribusikan oleh Minitab Inc, sebuah perusahaan swasta yang bermarkas di State College, Pennsylvania, dengan kantor cabang di Coventry, Inggris (Minitab Ltd.) Paris, Perancis (Minitab SARL) dan Sydney, Australia (Minitab Pty.).

Kini, Minitab seringkali digunakan dalam implementasi Six Sigma, CMMI serta metode perbaikan proses yang berbasis statistika lainnya.

Minitab 16, versi terbaru perangkat lunak ini, tersedia dalam tujuh bahasa: Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, Korea, Mandarin, dan Spanyol.

Namun kali ini kita mencoba dengan versi 15, silakan download dengan copy paste URL dibawah ini :

http://fs1.minitab.com/store/mtb15_standardsetup.exe

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar