Selasa, 28 September 2010

REMOTE PC : Memantau komputer orang lain via komputerku

Kemarin kami telah memperhentikan salah satu mitra pengolahan SP2010, karena melakukan kesalahan dalam pengolahan. Kesalahan yang cukup fatal bagi kami, sehingga hasil pekerjaannya harus dicek kembali. Itulah pentingnya pengawasan dalam pengolahan SP2010, dengan cukup satu komputer saja kita dapat memantau sekitar 64 komputer tanpa harus mondar-mandir mengamati satu per satu komputer, kok bisa ya?

Dengan teknologi VNC software kita dapat mengamati, melihat komputer orang lain yang terjaring LAN, bahkan melakukan " perintah apa saja" komputer yang kita amati. Bila kita melakukan "treatment" terhadap komputer lain, maka "mouse" komputer yang diamati akan di-LOCK termasuk tombol-tombol yang lain. Kita juga bisa mengerjakan sesuatu, seperti mengetik, memproses, mengolah, dan sebagainya di komputer orang lain yang diremote dari komputer kita. Bahkan katanya (kami mencoba) bisa memantau dan melakukan via internet. Wah.....

VNC adalah singkatan dari Virtual Network Computing. Ini adalah perangkat lunak pengontrol yang memungkinkan Anda untuk melihat dan berinteraksi dengan satu komputer (“server”) dengan menggunakan program sederhana (“viewer”) pada komputer lain, dimanapun anda berada.

Dua komputer bahkan tidak harus memiliki jenis yang sama, jadi untuk contoh Anda dapat menggunakan VNC untuk melihat kantor mesin Linux pada PC Windows Anda di rumah. VNC adalah software yang free/ bebas dan tersedia untuk umum dan secara luas, aktif digunakan oleh jutaan orang di seluruh industri, akademis, dan pribadi.

Software tersebut ternyata free ada juga sih versi bayarnya, apa salahnya kita mencoba yang free. Software tersebut bisa didownload di :

http://www.soft82.com/download/windows/vnc-free-edition/

atau langsung di websitenya yang punya VNC

http://www.realvnc.com/

Selamat mencoba.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar