Selasa, 07 September 2010

Pengolahan SP2010 di Bulan Puasa


Lama kami tidak memposting sebuah tulisan, mungkin karena terlalu sibuk pengolahan hasil Sensus Penduduk 2010 yang belum kelar. Awal bulan Ramadhan tidak menghalangi kegiatan pengolahan. Namun agar tidak mengganggu dalam menjalankan ibadah puasa, maka dilakukan penyesuaian jam kerja. Shief I cukup bekerja dari jam 8.00- jam 12.00, shief II dari jam 12.30- jam 16.30 dan shief III dari jam 20.00 - jam 23.45

Kinerja diharapkan meningkat, walaupun jam kerja dikurangi. Kalaupun menurun pun jangan tidak terlalu signifikan. Walaupun puasa, disiplin bagi mitra pengolahan pun harus diberlalukan, seperti terlama sampai dengan 20 menit, dicoret dari absensi, dan pulang lebih cepatpun terpaksa dicoret, untuk melatih kedisiplinan. Demikian juga tidak masuk seminggu berturut turut akan diperingatkan, apabila tetap tidak masuk akan dikeluarkan.

Pengolahan berjalan dengan lancar walaupun banyak rintangan yang harus dilalui seperti banyak dokumen yang error, dengan istilah DONT SEND, error dengan message PERFORMING VALIDATION, atau error dengan message OBJECT REFEREND belum lagi yang kalo batch yang masuk DOCUMENT REVIEW atau error di QUALITY CONTROL semua ditangani sendiri oleh administrator IPDS, ada yang bisa ditangani ada yang harus menunggu program perbaikan dari pusat.

Pertengahan ramadhan kita sudah menyelesaikan 50 persen dokumen CLEAN yang sudah diolah, mudah-mudahan 3 bulan kedepan sudah dapat 100 persen dokumen CLEAN.

Selain melakukan kegiatan pengolahan SP2010, BPS Provinsi Banten juga kebagian tugas mengolah SUSENAS 2010 dan hasil PES SP2010. Kegiatan tersebut melibatkan beberapa mitra pengolahan dan anak SMK yang sedang PKL (magang) di kantor BPS.

Untuk menambah keimanan di bulan Ramadhan, setiap sholat dhuhur berjamaah diadakan kultum Ramadhan yang dibawakan oleh pegawai BPS sendiri secara bergiliran. Hari-hari tertentu juga memanggil penceramah dari luar BPS. Maka tempat parkir mobil pun disulap menjadi mushola untuk sementara di bulan Ramadhan, mengingat ruangan di kantor tidak mencukupi untuk menampung seluruh pegawai BPS dan mitra pengolahan. Ruangan kantor penuh dengan dokumen C1 SP2010.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar