Rabu, 18 Agustus 2010

Rapat Evaluasi SP2010 di Pulau Umang


Awal Agustus 2010, tepatnya tanggal 7-9 Agustus 2010 seluruh pegawai BPS Provinsi Banten, dan pejabat BPS Kab/Kota berangkat ke Pulau Umang, Pandeglang. Pulau yang berjarak hanya kurang dari 5 km dari daratan ini tergolong unik. Pulau kecil yang cukup menarik, hanya dibangun satu hotel yang mengelilingi pulau tersebut.

Rombongan berangkat jam 7.00 WIB tepat, dengan mengerahkan sekitar belasan mobil, baik mobil dinas maupun mobil pribadi. Perjalanan ditempuh sekitar 4 jam ke kecamatan Sumur Kab. Pandeglang, dan menyebrang laut ke pulau Umang ditempuh kurang dari 15 menit. Perjalanan cukup melelahkan karena jalan menuju kecamatan Sumur cukup rusak dan berkelok. Tidak heran beberapa orang mengalami mabuk perjalanan. Untuk memeriahkan acara selain pegawai BPS juga diajak keluarganya (suami atau istri dan anak-anak). Bila suami bekerja (rapat) maka istri dan anak-anak ikut berlibur.

Tepa jam 11.30 tiba di penyebrangan kecamatan Sumur, mobil terpaksa di parkir di pantai (sudah disediakan tempat parkir oleh hotel 24 jam pengamanan). Dan secara bertahap melakukan penyebrangan dengan prahu motor dan boat. Daya tampung perahu motor cuma bisa kurang dari 30 orang dan boat hanya 7 orang, sehingga harus ngantri untuk diantar, karena perahu cuma satu, boat juga cuma satu.

Tiba di pulau Umang, tepat jam 13.00 makan-makan dulu, dan berlibur menikmati indahnya pantai pulau Umang. Beberapa teman yang lain mandi di kolam renang, cuma airnya agak asin, mungkin karena mata airnya udah tercemar air asin (karena memang pulau nya kecil). Teman lainnya mencoba mengelilingi pulau Umang dengan berjalan kaki, hanya butuh waktu 15 menit saja pulau sudah dikelilingi. Hihi kecil amat.

Malam diawali dengan ramah tamah, dan ceramah agama oleh ustad setempat, sekalian menjelang bulan suci Ramadhan. Habis ceramah kembali ke cottage masing-masing istirahat tidur.

Pagi hari, pembukaan rapat evaluasi hasil Sensus Penduduk 2010, dihadiri oleh direktur Sosial, Wendy dan istri. Kemudian dilanjutkan oleh meeting membahas dan mengevaluasi hasil SP2010 di Kabupaten/Kota.

Sore diadakan resume oleh notulen, sedangkan yang lain ada acara lomba-lomba untuk keluarga dan acara santai. Malam penutupan dilanjutkan acara bakar kambing guling, sayang kambing gulingnya terlalu keras jadi sedikit peminatnya, dan organ yang disediakan oleh hotel.

Keesokan harinya berlibur ke pulau Oar, menikmati indahnya pantai Oar. Tersedia perlengkapan menyelam (diving) dan babana boat. Cuaca hari ini memang cerah dan semua dapat menikmati.

Pukul 12.00 WIB tepat cek out dari hotel dan kembali ke Serang dan Kab/Kota masing-masing dan sebelumnya makan nasi kotak yang disediakan panitia penyelnggara.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar