Rabu, 25 November 2009

Sosialisasi hasil Pendataan Usaha Tani (PUT) 2009

Baru-baru ini BPS Provinsi Banten mengadakan sosialisasi PUT 2009, pada tanggal 24 Desember 2009 di Kantor BPS Provinsi Banten, diikuti oleh segenap jajaran Dinas Pertanian, Balai Penelitian Tanaman Pangan, dan dinas-dinas yang terkait, di samping subyek matter di BPS se Kab/Kota dan ditambah bidang-bidang di lingkungan BPS Provinsi Banten.

Sebagai pembicara dalam sosialisasi diantaranya A. Rizal Ahnaf, sebagai pembuka dan pengarah sosialisasi (BPS Pusat), dan sebagai pembicara dan nara sumber diantaranya : Sigit (BPS Pusat), Mewah (Balai Penelitian Tanaman Pangan Banten), Nandang (Bidang Produksi BPS Banten), Harlini (Bidang Neraca BPS Banten) dan Sarwono (Bidang IPDS BPS Banten).

Acara yang berlangsung dari pukul 9.30 WIB berjalan lancar, dan seru dengan berbagai pertanyaan terutama diperuntukan bagi pembicara dari BPTP Banten.
Ibu Mewah menilik permasalahan produkstivitas tanaman pangan yang ada di Banten, dengan bibit unggul yang sebagian besar digunakan oleh petani Banten, seharusnya produktivitasi meningkat. Kendala yang terjadi dilapangan karena berbagai faktor diantaranya pengaruh musim, terserang hama dan lain-lain.

Dilain sesion, Pak Nandang membeberkan pemanfaatan data PUT yang sering digunakan sebagai kebijakan dalam perencanaan pertanian. Sementara Bu Harlini, mengulas permasalahan usaha tani melalui FGD (fokus diskusi) antar petani, sehingga didapat ulasan apa-apa yang diinginkan dan permasalahan petani itu sendiri. Sedangkan Pak Sarwono, menampilkan pemanfaatan PUT dengan menggunakan SIG (Sistem Informasi Geografis).

Upload by Iman

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar