Jumat, 12 Agustus 2011

Layar LCD Ubah Cahaya Jadi Energi Listrik

Pernahkah Anda membayangkan memiliki sebuah handphone yang tidak pernah diisi ulang baterainya?

Anda tak perlu lagi membawa baterai cadangan karena tidak akan pernah kehabisan baterai! Anda tidak akan khawatir kehabisan daya listrik baterai walaupun akan menempuh perjalanan jauh.

Hal itu akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat, menurut seorang peneliti di UCLA. Para peneliti ini telah mengembangkan layar LCD yang dilengkapi dengan photovoltaic polarizer yang dapat menangkap energi cahaya dari lampu penerangan ruangan, sinar matahari, dan juga cahaya dari backlight-nya sendiri.

Seperti diketahui, layar LCD (liquid crystal display) yang dipakai sekarang terdiri atas lapisan liquid crystal dan polarized glass. Kedua lapisan tersebut disinari oleh "lampu" backlight. LCD tesebut menurut peneliti di UCLA sangatlah tidak efisien. Backlight-nya dapat mengonsumsi 80-90% dari daya listrik yang dibutuhkan sebuah peranti. Ironisnya 75% dari cahaya yang dihasilkan backlight hilang pada polarizer.

Nah, photovoltaic polarizer pada LCD yang ditemukan para peneliti di UCLA tersebut selain bertindak sebagai polarizer juga sebagai panel yang menangkap cahaya dari backlight. Jadi cahaya tidak hilang sia-sia karena akan diubah menjadi energi listrik untuk mendayai peranti. Tidak hanya itu, photovoltaic polarizer juga akan menangkap cahaya di dalam maupun di luar ruangan untuk diubah menjadi energi listrik.

Nah, selama Anda menggunakan handphone di tempat terang, baterai tidak akan habis. Nanti tidak ada alasan lagi tidak menelpon kekasih Anda karena "lowbat".

sumber : infokomputer.com

--

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar