Selasa, 27 Desember 2011

Komputer Error Jangan Buru-buru Instal Ulang

Memang mudah ya, bila komputer sudah error, atau makin lelet maka tinggal ambil CD Windows dan install ulang. Komputer error bisa dialami siapa saja dan kapan saja, termasuk saya sendiri. Beberapa waktu yang lalu saya mengalami yang sama, komputer saya tidak bisa masuk ke windows. Waduh, padahal  banyak data penting yang ada dalam PC tersebut. Memang serba salah, bila mencoba memperbaiki butuh waktu lama. Sedangkan bila diinstal kembali juga butuh waktu yang lebih lama. Selain instal Windows, juga harus menginstal program lain yang dibutuhkan. Nah, permasalahan tersebut  bisa bersumber dari segala komponen memang membuat yang agak awam bingung mencari solusinya.

Pada dasarnya, instal ulang sistem operasi memang merupakan cara termudah, namun sangat merepotkan. Sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya mencari dahulu solusinya. Nah, setelah saya mencoba cari-cari di mbah google, ternyata ada beberapa solusi yang munngkin lebih efektif daripada menginstal ulang. Karena mungkin saja, hanya file DLL yang corupt akibat virus, atau terjadi karena PC sering tidak di-shutdown ataupun menghapus program dengan tidak men-unistall dengan benar.

Selama permasalahan sebatas aplikasi atau sistem operasi semata, hal ini bisa dengan mudah dituntaskan dengan bantuan aplikasi system repair.

Berikut adalah beberapa contoh permasalahan yang kerap dijumpai pada sistem komputer beserta penyebabnya:

1. Tampilan layar biru (Blue Screen of Death)

Tampilan BSoD merupakan hal paling menyebalkan saat terjadi pada komputer Anda. Mau tidak mau Anda mesti melakukan booting ulang, parahnya hal ini bisa terjadi saat Anda belum menyimpan hasil kerjaan yang telah dibuat sebelumnya. Pesan ini memiliki maksud untuk memberitahukan adanya kesalahan yang terjadi dengan menampilkan kode-kode tertentu. Kebanyakan  hal ini disebabkan oleh hardware yang mulai menunjukkan gejala tidak sehat atau adanya permasalahan dengan driver.

2. File DLL yang hilang File

Dynamic Link Library (DLL) merupakan pusat informasi dari sistem operasi yang berfungsi untuk menjalankan berbagai fungsi. File DLL yang hilang bisa disebabkan oleh proses kesalahan pada instalasi atau rusaknya file tersebut akibat virus dan hal lain.

3. Aplikasi yang tidak mau diinstal

Jika ada aplikasi yang tidak mau terinstal atau selalu mengalami kegagalan, bisa jadi karena komputer Anda tidak memiliki ruang harddisk yang cukup.

Pada kasus ini, Anda perlu membebaskan ruang pada harddisk dengan menghapus file atau folder yang tidak penting atau telah memiliki backup.

4. Aplikasi berjalan lambat

Ada beberapa sebab kenapa bisa terjadinya hal ini. Namun kebanyakan hal ini bersumber dari sistem operasi atau aplikasi yang terpasang. Banyaknya aplikasi terselubung yang berjalan berbarengan atau tidak teraturnya penempatan file dan folder bisa menjadi penyebabnya.

5. Perilaku aplikasi yang tidak normal

Saatmenjalankan aplikasi, tiba-tiba beberapa fungsi tidak bisa bekerja dengan baik. Misalnya, Microsoft Word yang mengalami hang saat mengaktifkan suatu fungsi.

Hal ini bisa disebabkan adanya kerusakan file tertentu atau bentrok dengan file lain. Biasanya Anda mesti
melakukan update atau lakukan instal ulang pada aplikasi tersebut.

Hampir sebagian besar aplikasi system repair menangani permasalahan diatas dengan cara yang mudah dan cepat. Bahkan beberapa aplikasi tersebut memiliki feature tambahan guna meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Berikut  aplikasi system repair yang bisa dijadikan acuan dalam menangani masalah-masalah tersebut yang kami rangkum dari berbagai sumber dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan masing-masing:

 1. System Mechanic Professional - http://www.iolo.com/system-mechanic/pro/ (berbayar)
 2. Norton Utilities - http://us.norton.com/norton-utilities/ (berbayar)
 3. Avanquest SystemSuite -  http://www.avanquest.com/ (berbayar)
 4. Ashampoo WinOptimizer - http://www.ashampoo.com/ (berbayar)
 5. TuneUp Utilities - http://www.tune-up.com/ (berbayar)
 6  360Amigo System Speedup - http://www.360amigo.com/ (gratis)
 7. SlimCleaner - http://slimcleaner.com/ (gratis)
 8. WinUtilities Free Edition - http://www.ylcomputing.com/ (gratis)
 9. TweakNow PowerPack 2011 - http://tweaknow.com/ (gratis)
10. Wise Registry Cleaner Free - http://www.wisecleaner.com/ (gratis)

Selamat mencoba

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar