Selasa, 13 April 2010

Ada Hantu Ikut Pelatihan Petugas SP2010

Setelah melakukan pelatihan Instruktur Daerah (Inda), maka yang dinyatakan lulus direkomendasikan mengajar petugas lapangan (PCL) atau pencacah dalam Sensus Penduduk 2010, yang berada di masing-masing kecamatan di seluruh provinsi Banten.

Tidak ketinggalan beberapa staf BPS Provinsi maupun staf BPS Kabupaten/Kota akan sibuk pada tanggal 1-20 April 2010, dengan mengajar antara 1-2 pusat pelatihan di kecamatan, maupun tersentral di hotel-hotel kabupaten/kota.

Salah satu staf BPS Kabupaten Tangerang (sebut saja : Henny ) ikut andil dalam pelaksanaan SP2010, dengan mengajar di salah satu center, yang berlokasi di salah satu SMA ternama di Kabupaten Tangerang. Awal nya memang berjalan normal-normal saja.

Seperti biasa, para peserta melakukan pendaftaran di panitia penyelenggara pelatihan. Henny mendapat kelas urutan terakhir, ruangannya agak gelap dibandingkan dengan kelas lainnya, karena sinar matahari terhalang oleh pohon beringin, dan ruangan cukup mepet dengan kamar mandi (tolet). Seperti biasa pada awal mengajar, Henny selalu mengabsen satu persatu peserta pelatihan, selain berkenalan untuk menambah keakraban dalam kelas juga mengecek peserta yang belum hadir.

Satu persatu peserta diabsen, dan semua mengacungkan tangan, pertanda peserta sudah lengkap. Rasa penasaran pun timbul, ada satu tempat duduk berisi satu orang, harusnya peserta GENAP bukan GANJIL karena berjumlah 24 orang, seperti yang tertera dalam daftar absen. Dengan perlahan-lahan dan cermat, Henny menghitung satu persatu peserta pelatihan, dan ternyata betul berjumlah 25 orang. Siapa yang satu orang ya? Karena materi sudah berjalan, maka niat untuk mengabsen kembali pun tertunda, "pasti ada panitia yang diikut nimbrung di kelas" pikirnya.

Hari kedua mengajar, Henny sempat nanya pada salah satu orang yang duduk satu bangku sendirian, "bapak udah absen? " karena dari tadi bapak yang masih kelihatan muda tersebut selalu nunduk terus saat instruktur mengajar dan pendiam. Dijawab orang tersebut "sudah...". Walaupun sering nunduk dan pendiam, bapak atau anak muda tersebut selalu rajin menulis dan baca buku pedoman seolah selalu mengikuti apa yang diajarkan oleh instruktur.

Rasa penasaran timbul kembali, bangku paling depan yang diisi oleh anak muda tersebut kosong, padahal waktu untuk istirahat siang (makan + sholat) telah usai. Padahal anak muda tersebut paling rajin menduduki bangku selalu paling awal, bahkan saat nya break pun dia tidak beranjak dari tempat duduknya, hanya mengambil snack dan duduk kembali. Dia juga tidak mau membaur dengan peserta lain, yang saling ngobrol saat istrirahat ataupun break.

Saat latihan wawancara antar peserta dimulai, dimana dua orang di depan di suruh wawancara dengan teman sebelahnya. Salah satu peserta mengatakan bahwa "dari kemarin kami hanya berdua yang paling depan". Nah teman yang satu lagi kemana? Akhirnya Henny bertanya kepada para peserta : "bapak2 dan ibu2 tau ngga bapak yang tadi duduk disini?" Betapa kagetnya Henny ketika peserta menjawab : "dari kemarin bangku tersebut kosong, kok bu, memang kenapa?" tanya kembali peserta yang penasaran. Henny pun menceriakan kejadian yang dialami bahwa kemarin dan hari kedua sebelum istrirahat siang, dia melihat peserta dengan muka yang agak pucat, dan selalu menunduk dan meenyembunyikan mukanya ketika ditanya. Henny baru "ngeh" ketika akan dilakukan latihan wawancara antar peserta pelatihan, yang tiba-tiba menghilang.

Setelah dikonfirmasi kepada penjaga sekolah, ternyata benar sekolah tersebut ternyata ANGKER. Dulu ada anak alumni SMA tesebut, yang tinggal tidak jauh dari sekolah meninggal akibat kecelakaan sepeda motor. Dan arwahnya selalu meperlihatkan baik kepada anak sekolah maupun guru sekolah saat kegiatan belajar mengajar. Ketika ditanya " sekarang ada dimana ", dijawab sama orang yang biasa tau " sekarang udah pindah di ruang komputer". Hihih.... serem.... Rasa penasaraan adanya makhluk haluspun terungkap, setelah hasil jepretan foto di kelas tersebut membuktikan bahwa bangku paling depan terlihat kosong. Dan orang yang dimaksud tidak terlihat dalam foto tersebut, padahal si juru foto yakin kalau dia memprotret dari arah depan agar semua peserta kelihatan.

Jadi selama satu setelah hari,ada hantu ikut pelatihan petugas lapangan Sensus Penduduk 2010. Kampanye SP2010 memang sangat gencar sampai-sampai alam gaib pun dengar. Tapi jangan sampai ada hantu yang ikut mencacah ya..........

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar