Selasa, 08 Desember 2009

Bagaimana Instal Google via VPN BPS

Tadinya saya heran, kok program GoogleEarth di laptopku tiba-tiba tidak bisa aktif walaupun sudah connect ke internet. Message yang muncul dalam layar, bahwa program tidak terkoneksi ker server google earth. Saya coba instal kembali program Google Earth versi Indonesia, dari temanku Andri, hasilnya nol besar. Knapa? Padahal laptopku sebelumnya bisa menjalankan GoogleEarth tapi via Speedy, bukan VPN dari BPS. Tapi itu setahun yang lalu, dan karena kesulitan dalam menginstal maka saya abaikan saja, apalagi saya udah di Bidang Produksi sehingga jarang menggunakan program GoogleEarth.

Tapi kemarin saya terpacu memory lama, takkala bos minta agar laptopnya diinstal program GoogleEarth. Wah tantangan bagi saya. Sayapun coba menginstal program GoogleEarth yang saya download via internet. Setelah saya download, eh lama banget instalasinya. Bahkan sampai mau jam pulang, terpaksa saya tinggal begitu saja, lama....

Rasa penasaranpun timbul, knapa ya? Sayapun kembali download GoogleEarth versi 5 yang ada situs GoogleEarth. Download instalasi GoogleEarth dengan nama GoogleWinSetup.exe berjalan dengan cepat, hanya beberapa menit saja, maklum dengan kemampuan VPN 256Kbps, kecepatan download bisa mencapai 70KB per detik (maksimum), tapi sayang kalau browser justru lelet.

Kemudian saya coba instal kembali di laptopku, dan instalasi berjalan cepat hanya beberapa menit saja (cuma 10 menit). Nah begitu saja coba jalankan, eh ternyata muncul error : harus disetting DirectX, agar bisa menampilkan grafis.
Sayapun coba mendowload program instalasi DirectX9, bisa dicari dengan google search, ketik aja : DirectX download, silakan bisa download secara gratis. Bisa juga yang versi 10 tapi lumayan besar sizenya sekitar 77 Mb

Setelah proses intalasi DirectX dan komputer direstart ulang, saya coba jalankan program GoogleEarth. Cukup lama menunggu apa yang terjadi..... komputer berusaha terkoneksi ke servernya GoogleEarth. Ah, gagal lagi, message yang muncul, program tidak terkoneksi ke server. Saya buka helpnya Google Earth secara online saya tanyakan ke admin GoogleEarth, step demi step apabila terjadi troubleshoot.

Eh, ternyata GoogleEarth menggunakan IE untuk mengkoneksi ke servernya. Kemudian saya coba setting di Internet Explorer, dengan tool--> internet option->connection--> LAN setting trus klik "use automatic konfiguration" lalu tulis proxy nya BPS
Begitu saya coba program GoogleEarth, program langsung terkoneksi ke server GoogleEarth dan berhasil. Baru tahu, selama ini saya di Banten, menggunakan FireFox untuk browsing internet, jadi setting untuk Internet Explorer jarang digunakan.

Mudah-mudah ini buat pelajaran dan pengalaman, bagi yang kotak katik internet.

Upload by Iman

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar