Minggu, 24 Oktober 2010

Tampilan Layar di Windows XP terbalik

Hari ini saya dibuat bingung lantaran tampilan layar di komputer pengolahan Sensus Penduduk 2010 tiba-tiba terbalik 90 derajat. Si operator katanya salah pencet, trus tiba-tiba layar terbalik. Saya pun coba-coba memperbaiki tampilan layar tersebut, dengan kepala miring tentunya. Wah.. bener2 kami dikerjaain sama mitra pengolahan nih. saya coba, klik di bawah desktop, properti ... kok ngga ada ada menu yang bisa membalikan secara normal. Kami coba lagi klik kanan desktop, properti, display juga tidak ada tanda-tanda bisa membalikan secara normal.

Saya ingat dulu saat pelatihan pengolahan SP2010 di Bandung, salah satu teman pura-pura kebingungan lantaran tampilan layar di laptop dia terbalik 180 derajat. Saya amatin terus teman saya itu, padahal dia jago komputer kok merasa kebingungan dengan tampilan layar yang terbalik pada laptopnya dia sendiri. Beberapa temen-temen lainnya sempat mentertawakan gerak gerik dia seolah-olah laptopnya rusak dan mungkin vga nya kendor atau virus bisa jadi. Tapi begiku saya liat dia berhasil membalikan layarnya secara normal dan kemudian dia membalikan lagi 90 derajat maka saya tahu kalo dia pura-pura tidak bisa.















Tri salah satu admin pengolahan, yang waktu itu datang pada hari minggu ikut memperbaikinya, ngga bisa juga, lalu mencoba men-SEARCH di google. Dan ternyata cukup mudah untuk memperbaikinya yaitu cukup tekan CTRL + ALT + tanda panah ke atas
dan ternyata setelah dicoba bisa balik lagi tampilan layar seperti semula



















Untuk membalikan tampilan layar di desktop Windows XP ternyata mudah. Caranya klik kanan pada desktop layar komputer lalu pilih GRAPH OPTION, lalu klik graph property lalu pilih ROTATION tinggal pilih berapa derajat yang diinginkan. Ada beberapa komputer yang langung klik kanan GRAPHIC OPTION, langsung ROTATION, tergantung windows XP yang diinstal, ada perbedaan antara windows XP SP2 dan SP3. Saya coba di windows XP SP1 ternyata pilihan tersebut tidak tersedia (lihat gambar)

Silakan mencoba, tapi saya minta tolong jangan untuk menjailin teman-teman, hanay sekedar bisa saja, dan bisa memperbaiki bila menemukan masalah yang seperti itu. Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait



Jumat, 22 Oktober 2010

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di BPS


Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 281 Tahun 2010 tanggal 11 Oktober 2010 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil

Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun Anggaran 2010, BPS membuka kesempatan bagi Warga Negara Republik Indonesia yang berminat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan BPS dengan ketentuan sebagai berikut:

I. PERSYARATAN UMUM:

1. Warga Negara Republik Indonesia.
2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
6. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara.
7. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.
8. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian setempat.
9. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikannnya (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan lowongan formasi jabatan.
10. Sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/menggunakan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya yang dinyatakan dengan Surat Keterangan oleh Dokter Rumah Sakit Pemerintah.

II. PERSYARATAN KHUSUS

1. Pada tanggal 1 Desember 2010, berusia minimal 19 tahun dan maksimal:
• 25 tahun untuk lulusan SMA
• 30 tahun untuk lulusan D-III, dan
• 35 tahun untuk lulusan S1

2. Waktu melamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi A atau B. Apabila dalam ijazah tersebut tidak disebutkan akreditasi maka perlu dilampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi bersangkutan yang menyebutkan akreditasinya.

3. Untuk lulusan D-III dan S-1, batas minimal IPK: 2,50 dari skala 4,00 dan untuk lulusan SMA/SMU Jurusan IPA batas minimal nilai rata-rata ijazah/STTB adalah 6,50 serta memiliki sertifikat kursus komputer.

4. Bersedia ditempatkan di wilayah provinsi tempat mendaftar.
5. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila:
a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

III. KUALIFIKASI PENDIDIKAN YANG DIBUTUHKAN BERDASARKAN LOKASI MENDAFTAR:
1. BPS Pusat :
(dapat dilihat pada lampiran 1)
2. BPS Provinsi:
(dapat dilihat pada lampiran 2)

IV. WAKTU, TEMPAT DAN CARA MELAMAR

1. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010 dan Waktu Penyampaian Lamaran

a. Jadual Pelaksanaan Penerimaan CPNS Jalur Umum BPS Tahun 2010
(dapat dilihat pada lampiran 3)
b. Waktu Penyampaian Lamaran:
Tanggal 25 Oktober s.d. 5 November 2010 (Cap Pos)

2. Alamat Pengiriman Lamaran
a. Untuk pelamar di BPS Pusat, berkas lamaran disampaikan melalui Pos ditujukan kepada Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010. Pada sudut kiri atas amplop ditulis:

Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Nama dan kode jabatan

Dengan alamat lengkap sebagai berikut :
Kepada Yth. Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010 u.p. Kepala Biro Kepegawaian Badan Pusat Statistik Kotak Pos 1003 Jakarta 10710

b. Untuk pelamar di BPS Provinsi, berkas lamaran dapat disampaikan melalui pos ke alamat BPS Provinsi masing-masing di Seluruh Indonesia, kecuali BPS Provinsi DKI Jakarta (alamat terlampir pada lampiran 4). Tempat ujian sesuai dengan alamat pengiriman berkas lamaran.

Bagi Pelamar yang menyampaikan lamaran ke BPS Provinsi ditujukan :
Kepada Yth. Panitia Penerimaan CPNS BPS 2010 u.p. Kepala BPS Provinsi ............................... Jln ............................... di ...........................................

Pada sudut kiri atas amplop ditulis:
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010 Nama dan kode jabatan
dan untuk pelamar jabatan KSK dan Statistisi agar mencantumkan pula kode pilihan penempatan

contoh
Berkas Pendaftaran CPNS BPS Tahun Anggaran 2010
Jabatan : KSK (16)
Kode Pilihan : 01

3. Cara Melamar:

a. Setiap pelamar harus menyebutkan dalam surat lamarannya formasi jabatan yang dilamar, misalnya : “Koordinator Statistik Kecamatan (KSK)”, “Sekretaris”, “Auditor” dll beserta kode jabatan pada lampiran 1 dan 2 kolom (6).

b. Untuk jabatan KSK dan Statistisi, diminta mencatumkan kode pilihan lokasi penempatan kerja sebagaimana tercantum pada lampiran 1 dan 2 kolom (7).

c. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan dibubuhi meterai Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) yang ditujukan kepada:

Yth. Kepala Badan Pusat Statistik
Dengan dilampiri:
• Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
• Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir;
Fotocopy Ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat yang
berwenang;
• Pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang biru ukuran 3 X 4 sebanyak 4
lembar;
• Kartu Tanda Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (Kartu Kuning);
• Formullir Pendaftaran yang telah diisi sebagaimana terlampir pada lampiran 5
• Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- (enam ribu rupiah) sebagaimana
contoh pada lampiran 6

V. TAHAP PENYARINGAN

1. Saringan Tahap I
Saringan Tahap I berupa seleksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi serta waktu dan tempat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) akan diumumkan pada tanggal 12 November 2010 :

�� Bagi pelamar di BPS Pusat dapat dilihat melalui Website BPS;
�� Bagi pelamar di BPS Provinsi dapat dilihat di BPS tempat melamar.

2. Saringan Tahap II
Saringan Tahap II berupa ujian tulis akan dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal 21 November 2010 di BPS Pusat/(masing-masing tempat melamar) dan/atau tempat lainnya yang disediakan panitia, dengan jadwal sebagai berikut:

No. Materi Waktu Setempat
1. Tes Kompetensi Dasar (Pengetahuan Umum, Bakat Skolastik dan Skala Kematangan) jam 08.00 –10.00
2. Test Kompetensi Bidang jam 10.00 – 11.30

Peserta harus membawa perlengkapan ujian sebagai berikut:
�� Pensil 2B (asli)
�� Penghapus karet
�� Peruncing pensil (rautan)
�� Papan Alas Menulis
�� Ballpoint tinta hitam.

Hasil seleksi tahap II akan diumumkan pada tanggal 30 November 2010

3. Saringan Tahap III
Wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 10 Desember 2010

4. Pengumuman
Hasil seleksi CPNS akan diiumumkan pada tanggal 21 Desember 2010 melalui website BPS ( www.bps.go.id.)

VI. LAIN-LAIN
1. Panitia penerimaan berhak menyatakan seseorang calon tidak diterima/
dibatalkan/digugurkan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil walaupun telah lulus ujian, apabila di kemudian hari diketahui bahwa, terdapat persyaratan pada klausul di atas yang ternyata tidak benar/tidak sah.
2. Diingatkan bagi yang tidak memenuhi persyaratan untuk tidak melamar.
3. Bagi yang telah mengirim lamaran sebelum pengumuman ini dibuat, dinyatakan tidak berlaku (agar mengirimkan lamaran ulang).
4. Proses seleksi ini tidak dipungut biaya. Biaya yang dikeluarkan oleh peserta ujian dalam rangka mendaftarkan diri dan mengikuti ujian saringan menjadi tanggungan pelamar.
5. Berkas pelamar yang masuk ke panitia menjadi arsip Badan Pusat Statistik dan tidak
dapat diminta kembali oleh pelamar.
6. Selain surat lamaran, dalam hubungan dengan penerimaan CPNS, pihak peserta tidak diperkenankan melakukan surat menyurat.
7. Keputusan panitia penerimaan CPSN BPS Tahun Anggaran 2010 bersifat mutlak dan tidak dapat diganggugugat
8. Apabila dalam penyelenggaraan seleksi ditemukan pelanggaran, agar segera dilaporkan, disertai dengan bukti-bukti otentik yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara yuridis maupun administratif kepada Badan Pusat Statistik melalui telepon (021)
3810291-4, 3842508, 3841195 Ext. 2310-2 (Fax) (021) 3863817, atau melalui telepon BPS di seluruh Indonesia.
9. Formasi KSK diprioritaskan untuk pelamar laki-laki.
10. Panitia tidak memungut biaya apa pun selama proses penerimaan pegawai ini berlangsung. Bagi yang pelamar yang lulus namun terbukti memberikan sesuatu kepada Panitia CPNS BPS Tahun 2010, dalam rangka mempermudah kelulusan, akan diberikan sanksi berupa pembatalan kelulusan tersebut.

Lampiran dapat didownload di URL dibawah :

http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/00%20Pusat.pdf
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/36%20Banten.pdf
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Jadwal.pdf
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Alamat.pdf
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Formdaftar.pdf
http://www.bps.go.id/download_file/cpns2010/Super.pdf Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait



Senin, 18 Oktober 2010

Lunching Angka Penduduk Banten Tahun 2010


















Saya baru ingat kalau pada tanggal 16 Agustus 2010 saat pidato Gubernur Banten menyambut HUT RI yang ke 65, BPS Provinsi Banten juga mempublikasikan angka sementara penduduk Provinsi Banten yang saat ini berjumlah 10,64 juta dimana jumlah laki-laki sebesar 658 701 orang dan perempuan sebesar 644 868 orang

Angka tersebut resmi dipublikasikan serentak di seluruh Indonesia, dan serentak di kabupaten /kota di Banten khususnya. Berikut sekelimit gambaran penduduk Banten pada tahun 2010 hasil pencacahan Sensus Penduduk 2010 pada bulan Mei 2010 lalu

Berdasarkan hasil pencacahan Sensus Penduduk 2010, jumlah penduduk Banten sementara adalah 10.644.030 orang, yang terdiri atas 5.440.783 laki-laki dan 5.203.247 perempuan. Dari hasil SP2010 tersebut masih tampak bahwa penyebaran penduduk Banten masih bertumpu di daerah perkotaan yang berdekatan dengan DKI Jakarta (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan) yakni sebesar 55,81 persen, kemudian diikuti wilayah bagian utara (Kab. Serang, Kota Serang, Kota Cilegon), sebesar 22,12 sedangkan wilayah bagian selatan (Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak) sebesar 22,07 persen.

Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kabupaten Serang adalah 3 kabupaten/kota dengan urutan teratas yang memiliki jumlah penduduk terbanyak yang masing-masing berjumlah 2.838.621 orang, 1.797.715 orang dan 1.403.228 orang. Sedang wilayah kabupaten/kota dengan jumlah penduduk sedikit yaitu Kota Cilegon dan Kota Serang, masing-masing sebesar 374.464 orang dan 576.961 orang.
Dengan luas wilayah Banten sekitar 9.018,64 kilo meter persegi yang didiami oleh 10.644.030 orang maka rata-rata tingkat kepadatan penduduk Banten adalah sebanyak 1.180 orang per kilo meter persegi. Wilayah yang paling tinggi tingkat kepadatan penduduknya adalah Kota Tangerang yakni sebanyak 9.613 orang per kilo meter persegi sedangkan yang paling rendah adalah Kabupaten Lebak yakni sebanyak 395 orang per kilo meter persegi.
Booklet publikasi Sensus Penduduk Tahun 2010 dapat didownload di link sebagai berikut :
http://www.bps.go.id/hasilSP2010/banten/3600.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3601_booklet_sp2010.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3602_booklet_sp2010.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3603_booklet_sp2010.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3604_booklet_sp2010.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3671_booklet_sp2010.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3672_booklet_sp2010.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3673_booklet_sp2010.pdf
http://banten.bps.go.id/download/3674_booklet_sp2010.pdf
Semoga bermanfaat.


Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait



Rabu, 06 Oktober 2010

Video Conference di Ruang Rapat

Konferensi video (Inggris: videoconference) adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan
Teknologi inti yang digunakan dalam konferensi video adalah sistem kompresi digital audio dan video stream secara nyata. Perangkat keras atau perangkat lunak yang melakukan kompresi disebut codec. Angka kompresi dapat dicapai hingga 1:500. Digital yang dihasilkan aliran 1s dan 0s dibagi menjadi paket label, yang kemudian dikirimkan melalui jaringan digital (biasanya ISDN atau IP). Penggunaan modem audio dalam saluran pengiriman memungkinkan penggunaan Plain Old Telephone System atau POTS, dalam beberapa aplikasi kecepatan rendah, seperti videotelephony, karena POTS mengubah getaran digital ke atau dari gelombang analog dalam rentang spektrum audio.
Komponen lain yang dibutuhkan untuk sistem konferensi video meliputi:
  • Video input: kamera video atau webcam
  • Video output: monitor komputer, televisi atau proyektor
  • Audio input: mikrofon
  • Audio output: biasanya pengeras suara yang berkaitan dengan perangkat layar atau telepon
  • Data transfer: jaringan telepon analog atau digital, LAN atau Interne

Hari ini BPS Provinsi Banten memasang peralatan video conference (Vicon), dan sekaligus uji coba peralatan tersebut. Peralatan dipasang langsung oleh perusahaan pemenang tender dalam pengadaan video conference. Peralatan yang dipasang hanya satu unit, yang terdiri dari satu televisi LCD 47 inc, sebuah Alat Vicon, dan Mic

Selain pemasangan peralatan Vicon, juga dilakukan ujicoba video conference dengan BPS RI subdit Jaringan dan Komunikasi data dan BPS DI Yogyakarta. Hasil ujicoba cukup lumayan, suara cukup jelas walaupun agak cempreng, mungkin kualitas audio yang kurang mendukung. Sedangkan gambar juga cukup jelas namung bisa bergerak terliat kabur, dan terkotak-kotak. Ikut dalam ujicoba video conference penanggungjawab jaringan BPS RI, kasi jaringan BPS Banten dan staf, kasi jaringan BPS DIY, Kabid IPDS, Ka BPS DIY juga itu, Direktur MIS pun ikut dalam uji coba Vicon

Cuma sayang kita tidak dapat Call langsung ke propinsi lain, tapi harus melalui MCU yang berada di BPS RI, baru MCU menyambungkan ke BPS DIY. Dalam artian BPS RI yang menjadi moderator, sekaligus operator vicon yang dapat memantau dan mengendalikan jalannya video conference. Karena tingginya bandwidth yang dibutuhkan dalam access vicon, maka penggunaan internet akan terhambat. Demikian juga apabila traffic intrenet banyak terpaka, maka vocon akan tersendat, dan puus-putus.

by Iman Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait



Selasa, 05 Oktober 2010

Percepatan Pengolahan SP2010














Mulai minggu kemarin, tanggal 3 Oktober 2010 mulai diberlakukan shift tambahan khusus hari Minggu. Sebelumnya pengolahan SP2010 mulai Senin sampai dengan Sabtu dengan jam kerja dari 7.30 sampai dengan 24.00 WIB yang terbagi dalam tiga shift, sedangkan hari Minggu istirahat kecuali proses Scanning dokumen. Dengan adannya shift tambahan pada hari Minggu maka pengolahan SP2010 genap 7 hari, dan tidak ada hari libur. Percepatan pengolahan SP2010 ini sesuai instruksi Kepala BPS RI, guna memperoleh angka penduduk lebih awal, dan ditargetkan selesai akhir bulan Oktober 2010. Beberapa provinsi lain sudah banyak yang selesai, umumnya provinsi luar jawa. Sedangkan Banten sendiri pengolahan berjalan baru 80 persen yang telah selesai, selebih masih dalam proses Scanning, Correction, Completion dan Validation.

Dibutuhkan kurang lebih 56 orang untuk shift tambahan, untuk mengerjakan entri data NON SCANNER. Hal ini disebabkan karena dokumen tersebut foto copy (bukan dokumen standar sacnner), dokumen basah (karena kehujanan saat pengiriman), dan beberapa dokumen yang memang tidak dapat diolah dengan Scanner. Mengingat masih awal-awal mengentri, maka hasil yang didapat masih jauh dari yang diharapkan. Mudah-mudahan kedepan semakin lancar.

Pengolahan SP2010 diharapkan selesai pada akhir bulan Oktober 2010, untuk itu beberapa penanggungjawab SP2010 dipanggil untuk mengikuti workshop SP2010 yang akan diadakan di Bandung pada tanggal 11-19 Oktober 2010, guna percepatan pengolahan SP2010 dan penyajian hasil SP2010. Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait



Senin, 04 Oktober 2010

Membuat PDF dari MSWord 2007

Mungkin bagi kita yang komputernya menggunakan Windows Vista memiliki keterbatasan dalam menginstal beberapa aplikasi program. Sebagai contoh komputer Bu Lilis menggunakan Windows Vista, yang beberapa lalu terpaksa diformat ulang karena terlalu banyak virus, alhasil semua program aplikasi ludes, kecuali windows vista sendiri. Saya pun ikut kerepotan menginstal satu per satu program yang dibutuhkan. Kalau MS Office ok, ftp untuk koneksi ke server pusat juga ok. Nah yang menjadi masalah, create PDF dalam program Aplikasi Acrobat Profesional 6 tidak dapat dijalankan sehingga kita tidak dapat membuat file PDF.

Saya coba search di google untuk mencari program Create PDF yang cocok untuk windows Vista, ternyata saya ketemukan aplikasi InternationalPRIMOpdf. Program tersebut FREE sehingga aman untuk digunakan, dan yang lebih praktis lagi ukuran yang kecil sehingga mudah digunakan dan tidak memakan memori yang besar. PrimoPDF adalah sebuah software yang bisa mengkonvert sebuah dokumen ke format PDF. PrimoPDF bisa mengkonvert 300 lebih jenis file ke format PDF, misalnya dokumen word, excel, html, power point, dan lain sebagainya
















Cara menggunakannya pun sangat gampang. Kita tinggal mengistalnya terlebih dahulu ke komputer. PrimoPDF akan terinstall sebagai sebuah printer. Untuk mengkonvert sebuah dokumen ke format PDF, kita tinggal mencetaknya dengan Printer PrimoPDF kemudian menentukan nama dan lokasi file PDFnya. Tertarik ? Silakan download sendiri di :

http://www.ziddu.com/download/4989556/FreewarePrimoPDF.rar.html

Nah yang diatas bisa dilakukan, melalui proses PRINT. Namun bila komputer sudah terinstal MS Office 2007, ada aplikasi Add-in yang dapat digunakan untuk membuat file PDF. Kita bisa membuat file PDF dari dokumen Office 2007 dengan melakukan Save As. Tool yang akan digunakan adalah sebuah plugin Microsoft Office 2007 yang bernama SaveAsPDF. Dengan Add-In Office 2007 ini, kita akan sangat mudah membuat file PDF langsung dari jendela Microsoft Office . Misalkan menyimpan ke format PDF langsung dari Microsoft Word atau Excel dan program Ms. Office lainnya












Cara menggunakan add-in saveAsPDF cukup mudah. Berikut cara menyimpan dokumne Word ke file PDF:

  1. Pada jendela aplikasi Ms. Office, misalnya Microsoft Word, klik pada tombol Office Button dan pilih Save As » PDF.
  2. Di jendela Save As yang muncul, pastikan PDF terpilih pada dropdown box Save as type.
  3. Jika ingin mengatur jumlah halaman yang ingin disimpan sebagai file PDF, klik tombol Options. Pada jendela option bisa melakukan beberpa pengaturan lagi.
  4. Terakhir klik tombol Save.
Secara default, ketika proses penyimpanan selesai maka hasil dokumen PDF akan secara otomatis terbuka. Kita dapat melihat hasil konversi dari Word ke PDF melalui jendela PDF Reader Anda. Tertarik, selakan download link dibawah ini :

Download SaveAsPDF Add-in

VN:F [1.9.5_1105]
Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait



Minggu, 03 Oktober 2010

AVG 2011 Siap Hantam Virus


Ini mungkin artikel yang cukup menarik, dimana virus-virus merajalela. Walaupun saya bukan pengguna Antivirus tersebut, karena tergolong ganas, namun AVG sempat dipakai di server kami, dan lumayan bagus, namun perlu diupdate agar tidak expired

Menjelang kuartal akhir 2010 ini banyak antivirus populer telah memperkenalkan seri 2011 mereka. Tak terkecuali AVG Technologies yang juga meluncurkan jajaran AVG 2011. Di Indonesia, AVG menjadi antivirus gratis paling populer yang banyak digunakan perusahaan dan juga perorangan. Apa yang menarik di edisi 2011 ini?

Agar bisa tampil kompetitif, AVG meningkatkan kemampuan teknologi pindai Smart Scan yang dijamin tak akan memperlambat kinerja komputer. Teknologi ini menerapkan fungsi baru dalam melakukan pemeriksaan file yang dianggap aman atau tidak. Sistem pindai juga akan melihat ketersediaan sumber daya pada komputer dan hanya melakukan pemindaian saat sumber daya komputer tidak terpakai penuh. Cara ini membuat proses pindai terhadap ancaman (virus, trojan, dan lainnya) jadi lebih cepat.

"Hal yang unik di AVG 2011 ini adalah kekuatan komunitas dari 110 juta pelanggan kami dimana kami menyebutnya sebagai teknologi proteksi oleh pengguna. Lebih dari 1,5 miliar threat ancaman dari seluruh dunia dilaporkan setiap harinya dari engine AVG yang digunakan para pemakai," ungkap J.R. Smith, CEO dari AVG Technologies.
Ia juga menjelaskan bahwa antarmuka yang mudah plus feature pengamanan Web termasuk untuk aktivitas jejaring sosial menjadi keunggulan AVG yang akan disukai konsumen. Bagusnya lagi, AVG menyediakan versi gratis (freeware) dan berbayar bagi penggunanya.

Untuk mendapatkan antivirus ini Anda bisa men-downloadnya di:
www.avg.com/id-id/free-antivirus (berupa installer yang membutuhkan koneksi Internet)
atau
www.filehippo.com/download_avg_antivirus (installer utuh sebesar 135MB)

Untuk update terbaru di alamat: www.avg.com/id-en/download-update
Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait



Komputer Sakit ? Advanced System Care PRO dokternya


Beberapa hari lalu laptopku lelet banget, mungkin windowsnya yang sudah tidak dapat bekerja dengan baik. Bisanya sih aku intal kembali windowsnya, trus beres deh. Tapi buku waktu yang cukup lama, balik cepat 1-2 jam, belum lagi program-progam lain. Itu kalau lagi ngga banyak kerjaan, tapi kalau pekerjaan numpuk dan ngga banyak cukup waktu, gimana tuh? Iseng-iseng aku baca di infokomputer, ada software yang cukup menarik

Kadangkala saking sibuknya beraktivitas, kita kerap melupakan kondisi tubuh. Akibatnya baru terasa ketika kita jatuh sakit. Segala pekerjaan terhambat kondisi tubuh yang tidak fit. Bukan saja mengganggu kelancaran nafkah, kita bahkan harus menambah pengeluaran untuk biaya dokter dan menebus obat.Nah demikian juga dengan komputer atau PC kita
.

Mungkin hampir setiap hari kita berkutat di depan PC, baik di kantor maupun di rumah. Belajar, bekerja, berinternet, dan mencari hiburan, semua dilakukan dengan perangkat tersebut. Begitu banyak aktivitas yang bisa dilakukan di dalamnya. Tapi, seberapa sering kita memeriksa kondisi kesehatan PC?

Saat kinerja PC terasa menurun, pekerjaan bisa terganggu. Respon lamban dan sering terjadi hang, Advanced SystemCare Pro hadir untuk berperan sebagai "dokter".

Advanced SystemCare Pro menjanjikan kesehatan PC, cukup dengan satu sentuhan. Pada jendela utama, ada tombol "Care!" yang akan menjalankan fungsi-fungsi utama aplikasi. Apa saja? Berturut-turut, software ini akan melakukan pemeliharaan Windows dan mendiagnosis sistem. Proses di dalamnya meliputi deteksi spyware, perbaikan registry, perlindungan privasi, pembersihan file sampah, optimisasi konfigurasi sistem, defragmentasi hard disk, serta analisis keamanan.

Keseluruhan rangkaian proses membutuhkan waktu yang bervariasi. Semakin banyak permasalahan yang ditemukan, semakin lama pula durasinya. Tapi, jika hanya ingin melakukan fungsi-fungsi tertentu, kita bisa kok, memilihnya satu per satu.

Penasaran dengan performa Advanced SystemCare Pro, kami menjajal kemampuan pemindaian dan perbaikannya. Untuk proses pertama kali, kira-kira diperlukan sekitar 15 menit. Saat proses selesai, benar saja, aplikasi menemukan 12 ribuan problem yang harus diselesaikan. Ada pula ratusan file tidak berguna sebesar belasan megabyte.

Untuk memudahkan pemeliharaan, aplikasi ini memiliki feature penjadwalan berkala dan otomatisasi pembersihan ketika PC sedang idle atau setiap logout. Namun, feature ini tidak terdapat dalam Advanced SystemCare versi gratis, tanpa embel-embel Pro.

Spesifikasi Advanced System Care PRO v3

Harga Lisensi*

US$19,95 (1 tahun untuk 1 PC)

Pengembang

IObit

Situs Web

http://www.iobit.com/advancedwindowscarepro.html

Sistem Operasi

Windows 2000, XP SP2, Vista, Windows 7


Utilitas Ekstra
Di samping dua fungsi utama "Maintain Windows" dan "Diagnose System", Advanced SystemCare Pro menawarkan berbagai utilitas tambahan. Semua masih berhubungan dengan peningkatan kinerja PC yang terbagi ke dalam tiga aspek: Tune Up, Security, dan Admin Tools. Salah satu utilitas menarik ialah Game Booster yang melakukan optimisasi sumber daya ketika kita bermain game. Ada juga Internet Booster yang otomatis mengatur setelan TCP/IP guna memercepat koneksi Internet. Tersedia pula perkakas pencadangan driver dan sistem.

Smart RAM
Banyaknya proses yang berjalan pada latar belakang sistem terkadang membebani kerja sistem. Padahal, jumlah memori terbatas. SmartRAM akan bekerja secara otomatis di balik layar untuk mengawasi konsumsi memori. Ketika dibutuhkan, peranti ini bakal membebaskan memori guna menggenjot kinerja PC. Ada dua pilihan: Smart Clean dan Deep Clean. Keduanya memberi hasil yang cukup jauh berbeda, begitu juga durasi prosesnya.

Smart Defrag
IObit, sang pengembang aplikasi, mendesain secara khusus teknologi defragmentasi data dalam hard disk. File akan dikelompokkan berdasarkan tanggal dibuat dan tanggal terakhir dimodifikasi. Teorinya, berkas yang tidak diubah dalam waktu lama, lebih besar peluangnya untuk tidak disentuh lagi pada masa depan. Sekali ditempatkan, berkas-berkas tersebut mungkin tak akan berubah posisinya ketika Smart Defrag berikutnya dijalankan

Ibaratnya dokter, Advanced SystemCare Pro merupakan dokter serbabisa. Ia menyelami "penyakit" di lingkungan sistem dan storage, kemudian langsung menyembuhkannya. Ia juga melindungi dari spyware, mengoptimalkan kinerja, dan melakukan pemeliharaan rutin. Walhasil, PC bisa kembali bugar dan terus terjaga kondisinya.

Ki
ta bisa mencobanya dan dapat didownload di :
http://www.download.com/Advanced-SystemCare-PRO/3000-2086_4-10399324.html

Account Name: raymond.cc
License Code: AF0B-AF0B-A0FF-6767

Selamat mencoba....

Baca Selengkapnya...

Artikel Terkait